Mengenali Tanda-tanda Stroke Saat Seseorang Baru Jatuh

JABAR EKSPRES – Penyakit stroke, ternyata bisa diatasi jika kita bisa melakukan upaya penyelamatan sesegera mungkin setelah seseorang jatuh. Karena penyelamatan saat 3 jam pertama memiliki potensi kesembuhan hingga 100 persen jika langsung ditangani oleh medis.

Sedangkan jika semakin lama ditolong, maka seseorang akan semakin susah sembuh atau memiliki potensi kesembuhan yang kecil karena dapat mengalami kerusakan permanen.

Dalam sebuah unggahan di grup-grup Whatsapp, dibagikan beberapa tanda-tanda saat seseorang akan mengalami serangan stroke setelah jatuh.

Baca juga : Hari Stroke Sedunia, Pahami F.A.S.T., Selamatkan Nyawa

Mengenali tanda-tanda ini sangat penting, agar kita bisa langsung memberikan pertolongan dengan membawanya ke layanan kesehatan secepat mungkin sebelum lebih dari 3 jam.

Pernytaan ini juga diperkuat pleh seorang Neurolog yang menyebutkan bahwa penderita yang jatuh dalam 3 jam pertama serangan dapat sembuh total, jika dengan cepat dapat mengenali gejala, mendiagnosa & membawa Pasien untuk pengobatan Ahli sesegera mungkin.

Ada metode mengenali gejalanya yang mudah dihafal, yakni dengan Menghafal S – B – A :

1. S yang pertama adalah Senyum

Minta penderita untuk tersenyum. jika pipi miring, maka ada kelumpuhan saraf, ini gejala Stroke.

2. B yang kedua adalah Bicara

Minta penderita untuk berbicara kalimat singkat.
Misalkan :

“Aku mau minum..!!” atau apa saja. Jika omongannya pelo, ini gejala Stroke.

3. A – Angkat 2 Lengan

Baca juga : Manfaat Buah Jambu Monyet untuk Kesehatan Dapat Mengurangi Resiko Stroke, Simak di Sini!

Minta penderita untuk mengangkat kedua lengan. Kalau tidak bisa mengangkat tangannya berarti ada kelumpuhan, ini sedang jalan proses menuju stroke.

Jika ada salah satu Gangguan yang tampak dalam melakukan S-B-A ini, maka segera panggil Ambulans & ceritakan keadaan ini kepada Petugas..

Cara lain untuk mengenali stroke adalah :

Minta orang tersebut menjulurkan lidahnya. Jika “Bengkok” menyimpang ke satu arah, ini juga merupakan salah satu tanda.

Itulah beberapa tanda-tanda atau gejala seseorang akan terserang stroke, sebisa mungkin jika menemukan hal tersebut pada orang yang baru jatuh, segera cari bantuan atau bawa kerumah sakit terdekat secepatnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan