Sering Diucapkan Saat Idul Fitri, Ini Makna Taqabbalallahu minna wa minkum

JABAR EKSPRES – “Taqabbalallahu minna wa minkum” adalah kalimat yang kerap terdengar di kalangan umat Muslim saat merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Kalimat ini memiliki makna yang mendalam, sebagaimana yang disampaikan oleh Nabi Muhammad pada momen Lebaran.

Dikutip dari Kementerian Agama, “taqabbalallahu minna wa minkum” merupakan ungkapan dalam Bahasa Arab yang bermakna “Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian”. Menurut situs web Nahdlatul Ulama (NU), amal yang dimaksud dalam ungkapan ini merujuk pada ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadan.

Sementara itu, Muhammadiyah dalam situs webnya menjelaskan bahwa ungkapan ini juga berfungsi sebagai doa agar ibadah selama Ramadan menjadi ladang kebaikan utama dalam menjalani kehidupan setelah bulan suci itu berlalu.

BACA JUGA : Tata Cara Sholat Idul Fitri yang Benar Lengkap dengan Bacaanya

Selain “taqabbalallahu minna wa minkum”, terdapat pula beberapa ungkapan selamat lain yang sering digunakan, seperti “minal ‘aidin wal faizin” yang berarti “semoga kembali dan meraih kemenangan”, serta “kullu ‘aamin wa antum bi khair” yang artinya “semoga di sepanjang tahun terus berada dalam kebaikan”.

Berikut beberapa contoh ungkapan “Taqabbalallahu Minna Wa Minkum” yang dapat diucapkan langsung atau dibagikan melalui media sosial:

1. “Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1445 H. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, mohon maaf lahir dan batin.”
2. “Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. Semoga Allah SWT menerima segala amalan kita di bulan suci Ramadan.”
3. “Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. Semoga Allah SWT mengampuni semua kesalahan kita, menerima puasa, dan segala amal ibadah kita pada hari yang suci ini.”
4. “Selamat merayakan Idul Fitri 1445 H. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, Shiyamana Wa Shiyamakum.”
5. “Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.”
6. “Semoga Allah mengampuni dosa kita dan menerima ibadah puasa kita. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. Selamat merayakan hari kemenangan!”
7. “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum.”
8. “Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. Semoga kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan