Puskesmas di Kota Cimahi Tetap Siaga selama Libur Lebaran

CIMAHI, JABAR EKSPRES – Puskemas di Kota Cimahi akan tetap buka dan memberikan layanan selama libur Lebaran untuk melayani masyarakat yang membutuhkan perawatan kesehatan. Tujuannya adalah agar setiap warga mendapatkan perhatian dari Dinas Kesehatan (Dinkes) tanpa terkecuali.

Pada libur Lebaran nanti, Kepala Dinkes Kota Cimahi, Mulyati, mengungkapkan bahwa Puskemas akan mengatur kehadiran petugas piket secara terus-menerus.

“Hal tersebut untuk mengantisipasi adanya rujukan pasien yang mesti mendapat pertolongan kategori darurat sesuai dengan wilayah kerjanya,” ucapnya pada pada Jabar Ekspres pada Senin, 8 April 2024.

Beberapa puskesmas telah disiapkan semua fasilitasnya untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan masyarakat, terutama selama libur Lebaran.

“Sebanyak 13 Puskesmas di Kota Cimahi diimbau untuk memberikan Pelayanan kegawatdaruratan pada saat libur lebaran,” ungkap Mulyati.

BACA JUGA: Disnaker Kota Cimahi Khawatirkan Naiknya Pengangguran Baru

Sama halnya dengan rumah sakit, baik negeri maupun swasta, hanya libur saat Hari Raya Idul Fitri. Namun, setelah itu, mereka akan beroperasi kembali, terutama jika ada pasien dari para pemudik.

“Untuk rumah sakit swasta selama libur lebaran hanya boleh tutup pada hari H saja, dan untuk Poliklinik Rumah Sakit Swasta H+1 sudah mesti memberlakukan jam operasional normal,” ucap Mulyati.

Kendati demikian, Mulyati menegaskan untuk unit gawat darurat (UGD) di semua rumah sakit tetap buka sepanjang waktu, termasuk saat tanggal merah.

“Untuk seluruh IGD tidak memiliki tanggal merah mereka mesti buka 24 jam, untuk Rumah Sakit Dustira dan RSUD Cibabat pada bagian Poliklinik pun Tutup. Hanya bagian IGD saja yang melayani pelayanan 24 jam,” tandasnya. (Mong)

BACA JUGA: PUPR Kota Cimahi Pastikan Kondisi Jalan Optimal Jelang Lebaran

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan