Posko Kesehatan dan PMI Kota Cimahi Siap Layani Kesehatan Pemudik

CIMAHI, JABAR EKSPRES – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi telah mendirikan posko layanan kesehatan untuk para pemudik yang melintasi jalur Cimahi. Posko ini beroperasi mulai dari tujuh hari sebelum Lebaran hingga tujuh hari setelahnya.

Menurut Kadinkes Kota Cimahi, Mulyati, fokus saat libur mudik Lebaran adalah mengantisipasi dan memberikan pelayanan kesehatan kepada para pemudik.

“Kami berfokus pada pemudik yang melakukan perjalan antar kota. Kami akan mengantipasi dan memberikan pertolongan pada mereka, apabila didapati terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada mereka ketika melakukan perjalan,” ucap Mulyati pada Jabar Ekspress baru-baru ini.

Ia menuturkan, dengan mencari rumah sakit yang belum penuh. Ini termasuk mengatur penjemputan oleh ambulance jika diperlukan, dan proses tersebut sudah dilakukan.

“Meliputi penjemputan Ambulance jika perlu. Hal itu sudah berjalan,” paparnya.

Mulyati serta jajarannya mengimbau kepada para pemudik untuk tetap menjaga kesehatan. Dia menyarankan agar para pemudik beristirahat jika mengantuk atau merasa kelelahan selama perjalanan.

BACA JUGA: Puskesmas di Kota Cimahi Tetap Siaga selama Libur Lebaran

“Silahkan istirahat terlebih dahulu dan apabila ada keluhan kesehatan ketika di perjalanan bisa menepi untuk berkonsultasi kepada tenaga kesehatan dan dokter pada posko yang sudah kami sediakan,” tandasnya.

Sementara itu, menurut Anggota PMI Kota Cimahi, Deni Subagia mengatakan, posko dilengkapi dengan alat tensi dan peralatan pertolongan pertama termasuk Tas PP, tandu, spinal board, scoop stretcher, dan kit penanganan luka.

“Kadang, orang datang langsung ke sini, baik untuk memeriksa tekanan darah atau mengobati luka ringan,” terangnya pada Jabar Ekspres saat ditemui di posko PMI alun-alun Cimahi pada Senin, 8 April 2024.

Deni menjelaskan, jika ada yang mengalami luka ringan, mereka dapat segera ditangani di posko. Namun, jika diperlukan perawatan lebih lanjut, mereka akan dirujuk ke rumah sakit terdekat atau puskesmas.

BACA JUGA: Tips agar Wisata Libur Lebaran Lebih Aman dan Nyaman

“Bila terjadi hal yang tidak diinginkan, kita tergantung pada pihak kepolisian, karena kita kerjasama dengan Kepolisian dan juga Lakalantas Polres Cimahi,” paparnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan