Mudik 2024: Komunitas Edan Sepur Ambil Peran Tertibkan Penumpang di Stasiun Bandung

JABAR EKSPRES – Tidak sedikit komunitas di masyarakat yang turut mensukseskan jalannya mudik 2024. Salah satunya Komunitas Edan Sepur Wilayah 2 Bandung.

Terlahir dari pecinta Kereta Api, komunitas ini turut mengambil peran mendukung kelancaran arus mudik di stasiun. Salah satunya Stasiun Bandung.

Tidak sulit menemukan mereka di Stasiun Bandung. Karena, mereka selalu menyambut penumpang di jalur keberangkatan maupun kedatangan.

BACA JUGA: Mudik Lebaran 2024, Stok BBM di Sukabumi Dipastikan Aman

Dengan ramah, mereka akan mengarahkan para penumpang ke jalur semestinya dengan tertib. Misalnya ke peron 1, 2, ataupun 3.

Mereka biasanya berseragam biru tua, dengan tulisan Komunitas Edan Sepur Indonesia di punggung. Kostum sejumlah anggota juga dilengkapi dengan ban lengan dan Handy talkie (HT).

Beberapa anggota juga ada yang membawa megaphone. Itu bukan untuk orasi demo, tapi untuk menyampaikan pesan edukasi ataupun mengingatkan ketertiban penumpang.

BACA JUGA: Kebahagiaan Menjelang Idulfitri, BAZNAS Distribusikan 137 Ribu Paket Beras Zakat Fitrah

Humas Komunitas Edan Sepur Wilayah 2 Bandung, Abdullah menceritakan, pihaknya telah melakoni kegiatan pengamanan di Stasiun Kereta ketika momen mudik itu sejak 2012. “Karena memang hobby,” cetusnya saat ditanya alasan rajin melaksanakan kegiatan itu.

Abdullah menambahkan, biasanya anggota komunitas akan dibagi dalam beberapa shift. Satu shiftnya berisi 15 anggota.

Di stasiun mereka tidak hanya duduk – duduk, tapi turut membantu pengamanan maupun penertiban penumpang. Misal edukasi untuk mendahulukan penumpang yang turun, mengarahkan peron kereta, ataupun mengarahkan penumpang di jalur – jalur yang aman.

BACA JUGA: Bey Machmudin: Pemprov Jawa Barat Siapkan Mobil Jenazah untuk Korban Kecelakaan Tol Jakarta-Cikampek KM 58

Komunitas itu mulai berkutat di stasiun sejak 5 April lalu dan akan berakhir pada 16 April nanti. “Selain di Stasiun Bandung ada di Stasiun Kiaracondong dan Purwakarta,” imbuhnya.

Dari anggota komunitas yang ikut berkegiatan di stasiun sebenarnya tidak sedikit dari mereka yang juga akan mudik. Tapi mereka masih menyempatkan diri untuk tetap ikut kegiatan.

Hendy Cahyo misalnya, ia bakal mudik ke Purworejo 10 April nanti. “Karena seneng aja, sambil isi waktu libur,” kata Hendy.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan