إِنَّ الصَّلاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاء وَالْمُنكَرِ [العنكبوت: 45]
Artinya: “Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar”.
Ayat tersebut jelas menyebutkan bahwa ukuran kesahihan shalat adalah apabila telah mengubah karakter seseorang yang melakukan shalat sehingga tidak melakukan perbuatan keji dan mungkar. Hal itu dipertegas dengan sabda Nabi:
مَنْ لَمْ تَنْهَ صَلَاتُهُ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ لَمْ يَزْدَدْ مِنَ اللهِ إِلَّا بُعْدًا
Artinya: “barangsiapa shalatnya tidak mengubahnya dari perbuatan keji dan mungkar, maka tidak bertambah hubungan dia dengan Allah kecuali semakin jauh”.
Hal yang sama juga berlaku untuk ibadah puasa. Bukan hanya untuk menempa dan menaikkan aspek spiritual, ibadah puasa juga memiliki tujuan spesifik, yaitu menjadi seorang yang muttaqin:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Artinya: “wahai orang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa, sebagaimana diwajibkan kepada umat terdahulu, supaya kamu bertaqwa”.
Ayat tersebut menyatakan secara jelas (manshush) bahwa output diwajibkannya puasa Ramadhan adalah agar orang yang
menjalankannya menjadi pribadi bertaqwa. Di ayat lain disebutkan tanda orang bertaqwa.
الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ ۗ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ # والَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَىٰ مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ
Artinya: “(orang bertaqwa yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.
Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.”(QS Ali Imran : 134-135)
Kaum Muslimin dan Muslimat yang berbahagia…
Ayat tersebut memberikan panduan pada kita untuk mengenali tanda orang bertakwa itu seperti apa. Ayat ini menyebut ada empat tanda:
Pertama, Karakter dermawan, atau terbiasa membantu orang lain, baik dalam keadaan berkecukupan atau sedang dalam kondisi kekurangan, baik dalam kondisi bahagia atau susah. (الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ فِى السَّرَّۤاءِ وَالضَّرَّۤاءِ).
Karakter dermawan yang konstan dan tidak berubah berdasarkan situasional seperti ini merupakan hal berat. Karena sudah menjadi fitrah manusia untuk mempunyai ikatan kuat dengan harta, apalagi yang diperoleh dengan cara susah payah.
Seseorang yang telah mampu mengeluarkan hartanya untuk membantu orang lain tanpa ada imbalan atau pamrih, maka itu merupakan tanda bahwa orang tersebut telah mampu menguasai perasaan dan nafsunya, yang secara naluriah senantiasa berusaha mempertahankan harta tersebut.