Kampung BeCool dan Rumah Reflektif Surya, Solusi Mengatasi Kebutuhan Rumah Bagi Masyarakat yang Mendukung Pembangunan Berkelanjutan dan Efisiensi Energi

Rumah ini direncanakan sejak tahap desain hingga pelaksanaan konstruksi, sehingga material dan bahan pendukung detil hasil perhitungan program desain diproduksi di pabrik dengan mesin agar presisi, untuk dapat memproses fabrikasi lapangan yang tepat dan tidak menyisakan limbah di lokasi konstruksi (zero waste construction).

“Raflesia ini merupakan inovasi baru dari rumah Domus. Jadi material atap dan dinding metal pada rumah Domus dilapisi cairan BeCool dengan Color Coating Line (CCL) milik Tatalogam Group, kemudian dibentuk dan dipotong di pabrik sesuai ukuran pada desain kami hingga tidak menyisakan limbah di lokasi pembangunannya nanti. Dengan pelapisan cairan BeCool pada permukaan atap dan dinding, selain dapat menyejukkan bagian dalam rumah, dampak urban heat island akibat pantulan sinar matahari di sekitar lokasi juga bisa diminimalisir. Hal ini jika dilakukan masal dan luas, tentunya dapat membantu pemerintah dalam mengurangi gas rumah kaca (GRK) sebagai adaptive approach atau pendekatan adaptif dari hilir,” terang Stephanus.

Prodi Arsitektur FPTK UPI, BeCool Indonesia dan Tatalogam Group selenggarakan Simposium Internasional Tentang Bangunan Berkelanjutan, Kota dan Komunitas: Strategi Mitigasi Perubahan Iklim Global, Program Studi Arsitektur Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) Universitas Pendidikan Indonesia bekerjasama dengan BeCool Indonesia serta didukung oleh Tatalogam Group menyelenggarakan simposium dan lokakarya internasional tentang Bangunan Berkelanjutan, Kota dan Komunitas (Sustainable Buildings, Cities and Communities/SBCC) Tahun 2024.

Beta mengatakan, kegiatan ini merupakan media atau platform untuk berbagi ide, penelitian dan studi bagi para akademisi, praktisi, perusahaan, pemerintah, komunitas dan masyarakat dari berbagai negara di dunia untuk melakukan mitigasi dan adaptasi terhadap pemanasan dan perubahan iklim global melalui Bangunan Berkelanjutan, Kota dan Komunitas.

Pengalaman yang unik dan berbeda dalam kegiatan ini, selain para peserta dan narasumber mengikuti rangkaian simposium dan lokakarya internasional pada tanggal 27-28 Februari 2024 di Hotel Pullman Bandung Grand Central, juga diajak menyaksikan pameran arsitektur dan pameran produk serta melihat langsung proyek percontohan lingkungan binaan yang telah dibangun dengan mengedepankan prinsip bangunan, area dan komunitas berkelanjutan di Kampung BeCool, Desa Tipar, Padalarang, Kabupaten Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan