Pj Wali Kota Cimahi Sidak Pasar Jelang Idul Fitri, Fokus Cek Kualitas Pangan dan Harga Komoditas

“Khusus Kota Cimahi beras SPHP yang dari Bulog itu, akan kami terus sediakan tidak hanya melalui OPM GPM tetapi ketersediaan di setiap kelurahan setiap akhir bulannya,” terangnya.

BACA JUGA: Benarkah Aplikasi Suniva Ini Membayar Pengguna atau Hanya Jaringan Penipuan?

Di wilayah Jawa Barat, Dicky masih melihat terdapat kelangkaan pasokan tertentu, meskipun termasuk dari wilayah Cimahi sendiri.

“Jadi harganya masih mengalami kenaikan-kenaikan tetapi masih dalam batas wajar,” tandasnya.

Di lokasi yang sama, Kadisdagkoperin Hella Haerani mengatakan, dalam mengantisipasi kenaikan harga barang jelang lebaran. Mereka mencatat bahwa tidak semua barang mengalami kenaikan harga.

“Harga daging sapi naik menjadi Rp. 140.000 per kilogram, dari sebelumnya Rp. 130.000. Sementara itu, harga daging ayam tetap stabil di Rp. 38.000 per kilogram, turun dari Rp. 40.000 sebelumnya,” ungkap Hella.

BACA JUGA: GRATIS, 3 Link Kalkulator Kesehatan Mental Lengkap dengan Caranya

Kenaikan harga sapi, mempengaruhi kenaikan harga daging. Hella menyatakan, fenomena ini sering terjadi menjelang Lebaran karena tradisi konsumsi daging meningkat. Pedagang cenderung menaikkan harga untuk memanfaatkan permintaan tinggi.

“Jadi itu sudah membudaya menjelang lebaran terkait kenaikan harga dipasaran ini,” paparnya.

Hella menghimbau kepada masyarakat, dalam menghadapi kenaikan harga bersikap dengan bijaksana. Jangan menyalahkan pedagang secara langsung.

“Jangan selalu menyalahkan pedagang terkait kenaikan harga dan pemerintah tidak ada upaya atau seperti pergerakan apa,” pungkasnya. (Mong)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan