Kunjungan Kerja Menteri Sandiaga Uno: Wisata Quran, Semakin Menautkan Hati dengan Kalam Ilahi

BANDUNG – Sebagai bentuk kepedulian negara terhadap perkembangan pariwisata, khususnya wisata religi, di penghujung bulan Ramadan 1445 Hijriyah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, melakukan kunjungan kerja ke Syaamil Quran yang berlokasi di Kiaracondong, Bandung, Kamis (4/4) untuk meresmikan program wisata religi ‘Wisata Quran’.

Menparekraf beserta rombongan dari Kementerian disambut langsung oleh Chairman Syaamil, Riza Zacharias, beserta jajaran pimpinan Syaamil, serta tamu-tamu undangan yang turut hadir dari komunitas mitra Syaamil.

Turut hadir pula dalam helatan tersebut, Direktur Wisata Minat Khusus Kemenparekraf/Baparekraf, Itok Parikesit, yang mendampingi Menparekraf; Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH), Fadlul Imansyah; beberapa mitra kemaslahatan BPKH dari Rumah Zakat, DT Peduli, dan LAZ Persis; Perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, serta pimpinan daerah setempat.

Setelah disambut, Menparekraf langsung diajak untuk meninjau kawasan Wisata Quran di area percetakan mushaf.

 

Proses produksi mushaf Al-Quran memiliki prosedur standar operasinya tersendiri, yang membedakannya dengan percetakan biasa. Di antaranya kewajiban berwudhu terlebih dahulu sebelum berinteraksi dengan mushaf Al-Quran, tidak menyimpan mushaf Al-Quran di lantai, serta pemisahan dan pemusnahan bahan mushaf Al-Quran yang ‘reject’ dengan baik agar tidak ada satu huruf kalam Allah yang tercecer atau disalahgunakan.

Selepas dari area percetakan, Menparekraf bergerak menuju area Galeri yang menghadirkan eksibisi produk-produk Syaamil, mulai dari mushaf Al-Quran, buku-buku Islami, dan lainnya.

Menparekraf pun mencoba pengalaman unik; melakukan manasik haji menggunakan teknologi VR, yang merupakan fitur kolaborasi antara Syaamil bersama Kaabaverse dalam varian mushaf terbaru Syaamil Quran (Mushaf Haji Umroh). Menparekraf pun memasuki aula dengan disambut tamu undangan untuk menyampaikan sambutan sekaligus ramah tamah dalam suasana silaturahmi yang hangat.

Sebagai Menparekraf, Sandiaga Uno menyampaikan apresiasi dan kesan positif beliau terhadap upaya Syaamil menghadirkan Wisata Quran.

“Hal ini sebagai upaya merespons fenomena hubungan umat Muslim di Indonesia dengan Al-Quran yang menarik untuk disikapi,” ujarnya.

Penelitian dari Tim Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta menemukan, tingkat buta huruf Al-Quran di Indonesia mencapai 72,25 persen.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan