Terminal Cicaheum Masih Sepi Pemudik, Kernet Bus: Paling Banyak 10 Penumpang

JABAR EKSPRES – Delapan hari menuju Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, kondisi di Terminal Cicaheum masih lengang dari para calon penumpang ataupun pemudik.

Pada akhirnya, tercatat masih banyak pengemudi armada bus pun belum ‘narik’ atau menjalankan kemudinya. Namun selain pengemudi dan calon penumpang, seorang kernet bus, Ujang (56), merasakan hal sama.

Menurutnya, hingga kini jumlah penumpang memang masih sepi karena dinilai belum memasuki masa libur kerja ataupun libur sekolah. Bahkan terkadang dirinya hanya dapat “narik” penumpang 2-3 orang saja.

“Belum ada lonjakan (penumpang) sama sekali. Hanya beberapa orang (mudik) saja. Paling banyak sepuluh penumpang,” kata Ujang kepada wartawan, Selasa (2/4).

BACA JUGA: Dari Ramp Check hingga Sosialisasi Klakson Telolet, Ini Persiapan Terminal Cicaheum Jelang Lebaran 2024

Begitupula dengan kondisi Senin, 1 April 2024, kemarin. Ujang mengaku tidak ada lonjakan penumpang. Bahkan kemarin, dirinya hanya membawa penumpang paling banyak dua orang. “Jadi belom ada sama sekali,” tambahnya.

Kernet bus jurusan Tasikmalaya dan Bandung itu, menilai bahwa sepinya penumpang terjadi lantaran belum masuki masa libur Lebaran. Terlebih saat ini masih dalam sepekan masuk kerja. Menurutnya, seluruh bus antar daerah merasakal hal sama.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Terminal Cicaheum Kota Bandung, Roni Hermanto. Dia menyebut, saat ini terminal Cicaheum Kota Bandung belum ada lonjakan yang signifikan bagi para penumpang yang akan melaksanakan mudik lebaran.

“Tanggal 1 April 2024, belum ada lonjakan signifikan untuk para penumpang yang mudik, saya perkirakan mungkin nanti baru tanggal 5-6 baru mulai ada lonjakan,” sebut Roni.

Sementara berkenaan mudik gratis, kata Roni, pelaksanaan tersebut di terminal Cicaheum bakal melibatkan tiga penyelenggara, yakni diantaranya, Dishub Provinsi Jawa Barat, Dishub Kota Bandung, dan Jasaraharja.

Adapun rute tiga dan waktu penyelenggaraan tersebut, pada tanggal 6 April 2024, pukul 16.00 WIB diberangkatkan dari terminal Cicaheum. “Pertama, tujuan mungkin antar kota antar provinsi, ada yang Jogja, Solo, sampai Surabaya,” sambungnya.

“Adapun untuk antar kota, Pangandaran, Tasikmalaya dan Kuningan, itu trayek yang akan diselenggarakan pada mudik gratis tanggal 6 April hari Sabtu mendatang,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan