Dari Ramp Check hingga Sosialisasi Klakson Telolet, Ini Persiapan Terminal Cicaheum Jelang Lebaran 2024

JABAR EKSPRES — Perayaan Idulfitri tinggal menghitung hari. Armada transportasi di Kota Bandung terus berbenah, berbagai  kesiapan di Terminal Cicaheum, Kota Bandung pun dilakukan.

Kepala Terminal Cicaheum Kota Bandung, Roni Hermanto mengaku telah melakukan pengecekan, mulai dari mulai ramp check kelayakan bus hingga sosialisasi penggunaan klakson telolet.

“Jadi kami upayakan dan nanti juga kita Rampcheck juga mulai tanggal 3, dari H-7 sampai H+7 kita adakan infeksi keselamatan kendaraan itu sendiri,” kata Roni kepada wartawan, Selasa (2/4).

BACA JUGA: Pengelola Wisata di Lembang Bandung Barat Diminta Siapkan Mitigasi Bencana

Dia menambahkan, kendaraan yang sudah menjalani rampcheck dapat dibedakan oleh calon penumpang. Ada stiker yang menempel di bagian bus. Stiker tandan lolos uji ramp check itu dikeluarkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Rampcheck kita bekerjasama dengan pengujian kendaraan bermotor Kota Bandung. Ada tanda stiker nantinya, dari Kemenhub nanti ada dipasang,” tandasnya.

Diketahui, inspeksi keselamatan atau ramp check tersebut bakal dilakukan di Terminal Leuwipanjang dan Terminal Cicaheum pada 3-18 April 2024. Sementara pengawasan akan diperketat di Pool Bus Kota Bandung sejak 27 Maret hingga 2 April 2024.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara, mengatakan bahwa endaraan angkutan Lebaran harus memenuhi aspek laik jalan dan laik operasional. “Laik jalan artinya kendaraan tersebut layak untuk membawa penumpang,” katanya.

Pada tahap awal inspeksi keselamatan, sejauh ini kendaraan angkutan Lebaran di Kota Bandung masih memenuhi dua aspek kelaikan tersebut. Dia memastikan proses ini akan terus berjalan guna memberi rasa aman dan nyaman bagi pemudik.

“Jangan sampai terjadi kecelakaan menonjol. Sekecil apapun ada faktor ketidaklaikan jalan maupun operasional, itu tidak akan kami loloskan,” pungkasnya. (Zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan