Keren! SD Negeri 1 Banjar Salurkan Infak Belasan Juta dari Hasil Celengan Siswa

JABAR EKSPRES – SD Negeri 1 Banjar Jawa Barat berhasil membuat program kemanusiaan dengan menyumbangkan infak berupa uang sekitar Rp14 juta lebih kepada warga sekolah dan warga sekitar lingkungan yang kondisi ekonominya kurang mampu.

Uang belasan juta itu ternyata hasil celengan siswa yang dikumpulkan selama bulan Ramadhan. Kemudian ditambah juga infak dari para orang tua siswa, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan di sekolah tersebut.

“Dalam kondisi ekonomi saat ini yang serba sulit,  Alhamdulillah kami berhasil menyisihkan sebagian uang dari para siswa, orang tua, guru-guru, untuk tetap bisa berbagi kepada sesama pada bulan Ramadhan ini,” kata Kepala UPTD SD Negeri 1 Banjar Hj Ikah Kartikah  SAg, Rabu (3/4).

BACA JUGA: Begini Cara Cek Formasi CPNS 2024, Pendaftaran Rekrutmen Kapan Dibuka?

Khusus untuk celengan siswa, Ikah menyampaikan bahwa hal itu merupakan pelajaran karakter dini untuk menanam budi pekerti. Uang celengan yang dikumpulkan para siswanya itu disisihkan dari sebagian uang jajan mereka.

Selain mengumpulkan celengan dan donasi untuk infak kepada sesama, SD Negeri 1 Banjar juga membuat program siswa bagi-bagi takjil, kemudian hafalan Al Quran, serta tahfiz Al Quran.

“Dalam tema sebarkan keimanan dan ketakwaan serta kasih sayang sesama di bulan Ramadhan, kami berharap ada hikmah pelajaran yang bisa dipetik para siswa sebagai pendidikan karakter sejak usia dini,” kata dia.

BACA JUGA: Jelang Idul Fitri 2024, Polresta Bandung Musnahkan Puluhan Ribu Botol Miras, Obat Terlarang dan Knalpot Brong

Menurutnya, program-program seperti ini rutin dilaksanakan selama bulan Ramadhan. Bahkan sudah menjadi budaya baik yang terus dipertahankan pihak sekolah untuk mendidik karakter siswanya.

“Insyaallah program-program pada bulan Ramadhan secara konsisten akan kami pertahankan. Karena ada nilai-nilai positif yang bisa diterima oleh siswa baik dari perilaku yang mau berbagi kepada sesama dan penebalan karakter secara keagamaan seperti belajar membaca dan menghafal Al Quran,” kata Hj Ikah Kartikah.

Sejauh ini, program-program yang dijalankan cukup direspon baik oleh siswa mau pun orang tua. Bahkan, Dinas Pendidikan Kota Banjar pun mengapresiasi serta menjaga konsistensi program tersebut terus berjalan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan