Begini Cara Cek Formasi CPNS 2024, Pendaftaran Rekrutmen Kapan Dibuka?

JABAR EKSPRES – Bagi Anda yang ingin mendaftar CPNS 2024 dan ingin mengecek formasi CPNS 2024 silakan ikuti cara yang kami bagikan.

Melakukan pengecekan formasi CPNS 2024 tentu penting untuk diketahui bagi cara calon yang ingin melamar.

Ada cukup banyak formasi CPNS 2024 yang nantinya dapat diisi, sebab MenPANRB sudah menetapkan 1,28 juta formasi untuk memenuhi kebutuhan CPNS dan PPPK.

Ada dua kategori ASN yang dapat dilamar, yaitu CPNS yang bisa diikuti oleh fresh graduate, dan PPPK yang ditujukan untuk tenaga non-ASN dan eks THK-2 yang sudah terdaftar di database Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Baca juga: Pendaftaran CPNS 2024 Kapan Dibuka? Berikut Jawabannya

Beberapa instansi pemerintah telah mengumumkan jumlah formasi yang akan dibuka dalam CPNS dan PPPK 2024. Misalnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan membuka total 40.541 formasi, terdiri dari 15.462 CPNS dan 25.079 PPPK.

Sementara itu, Kementerian Agama (Kemenag) akan menyiapkan total 110.553 formasi, terdiri dari 20.772 CPNS dan 89.781 PPPK, yang merupakan jumlah terbesar sepanjang sejarah.

Kemudian Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan membuka 23.200 formasi, yang terdiri dari 8.607 CPNS dan 14.593 PPPK.

Untuk mengecek formasi CPNS dan PPPK 2024, pengguna bisa mengunjungi website masing-masing instansi atau menggunakan https://sscasn.bkn.go.id/ setelah pendaftaran dibuka.

Proses pemeriksaan dapat dilakukan dengan memilih jenjang pendidikan, jurusan, instansi, dan jenis pengadaan CPNS atau PPPK. Setelah itu, pengguna dapat menekan tombol “Cari” untuk melihat formasi yang tersedia sesuai dengan jurusan yang dipilih.

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 untuk instansi pusat akan diumumkan pada bulan Mei, dan tes akan dilaksanakan pada Juni.

Seleksi untuk formasi di luar kedinasan atau formasi umum akan dilakukan pada akhir Juni. Sedangkan, tes CPNS-PPPK untuk instansi daerah dijadwalkan akan dilaksanakan pada September.

Pemerintah berharap dengan membuka rekrutmen CPNS dan PPPK ini, dapat memenuhi kebutuhan pegawai negeri sipil dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Calon pelamar diharapkan untuk memantau pengumuman formasi dari instansi yang diinginkan dan mempersiapkan diri untuk mengikuti tes dengan baik.

Baca juga: Kemenkes Buka Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 untuk 23.200 Formasi

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan