UTBK SNBT 2024: Pendaftaran, Aturan Berpakaian, dan Cara Download Kartu Peserta

JABAR EKSPRES – Pendaftaran UTBK SNBT 2024 saat ini sedang berlangsung dan akan ditutup tiga hari lagi.

UTBK SNBT 2024 akan dilaksanakan dalam dua gelombang, dengan gelombang pertama dimulai pada 30 April dan gelombang kedua pada 14-20 Mei 2024.

Jalur SNBT 2024 merupakan jalur seleksi untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), bukan hanya untuk siswa baru lulus angkatan 2024.

Siswa lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2022 dan 2023 atau lulusan Paket C tahun 2022 dan 2023 dengan usia maksimal 22 tahun juga dapat mendaftar.

Selain untuk mendaftar di PTN melalui jalur SNBT, hasil nilai UTBK 2024 juga dapat digunakan untuk mendaftar jalur mandiri ke PTN dan PTS, serta untuk sekolah kedinasan seperti PKN STAN dan Poltek SSN.

Baca juga: 4 Cara Bayar UTBK SNBT 2024 di ATM, Mudah Cukup Datang ke ATM Ini

Aturan Berpakaian

Pada tahun 2023, terdapat aturan tentang tata tertib berpakaian peserta untuk UTBK SNBT 2024. Aturan tersebut termasuk peserta wajib mengenakan pakaian yang rapi dan sopan.

Peserta tidak diperbolehkan mengenakan pakaian dan alas kaki yang terbuka serta pakaian tidak boleh mengganggu jalannya ujian. Kaos oblong tidak boleh digunakan kecuali jika berkerah, dan celana denim atau jeans yang tidak sobek diperbolehkan.

Jaket tidak boleh digunakan selama UTBK, namun peserta disarankan untuk mengenakan kemeja yang rapi dan celana panjang berbahan denim, chino, atau katun.

Jika peserta memiliki rambut yang menyentuh bahu atau alis, disarankan untuk mengikatnya dengan rapi. Untuk peserta perempuan, peserta boleh mengenakan kemeja atau blus yang rapi, celana atau rok di bawah lutut, dan dilarang memakai riasan wajah dan perhiasan yang mencolok.

Bagi peserta wanita yang tidak berkerudung, rambut harus diikat atau ditata rapi, dan bagi yang menggunakan jilbab, pastikan jilbab yang digunakan rapi. Jadwal pelaksanaan UTBK SNMPTN juga disertakan, termasuk jadwal pendaftaran dan pelaksanaan ujian.

Cara Download Kartu Peserta

Untuk mengunduh kartu peserta UTBK SNBT 2024, peserta non KIP Kuliah harus menyelesaikan masalah pembayaran UTBK SNBT terlebih dahulu.

Setelah itu, peserta perlu mengunduh bukti pembayaran dan menggunakan kode pembayaran untuk melunasi biaya pendaftaran.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan