Pramuka Tak Lagi Jadi Ekskul Wajib, Ini Kata Kwarnas

Jabar Ekspres – Pramuka yang memiliki kepanjangan Praja Muda Karana merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat wajib sebagaimana tercantum dalam Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014. Namun bila melihat sesuai dengan Peraturan Permendikbud Nomor 12 Tahun 2024 yang diberlakukan pada tanggal 25 Maret, Pramuka tergolong pilihan atau ekstrakurikuler .

Terkait hal tersebut, Sekjen Kwarnas telah mengidentifikasi  polemik Kemendikbud yang “mencabut ” kegiatan Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah.

Dalam siaran pers yang diterima pada Senin (1/4) dan dan dikonfirmasi Humas Kwarnas , Kwarnas meminta agar Menteri Pendidikan Nadiem Makarim meninjau dan melanjutkan kajian tersebut.

Gerakan Pramuka Bisa Membangun Karakter Bangsa,  Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar Utomo Sekjen Kwarnas , turut menyayangkan keputusan tersebut. Ia menyoroti keberadaan gerakan Pramuka dan sejarah pembentukannya merupakan keputusan negara dan pemerintahan itu sendiri.

Bachtiar mengatakan, sudah banyak regulasi yang telah dilakukan sebagai bentuk dukungan negara untuk Gerakan Pramuka. Misalnya Kepres No.238 tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka, Kepres No.104 Tahun 2004 tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka, hingga dipertegas lagi dengan munculnya UU No.12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

BACA JUGA: Sumber Kekayaan Harvey Moeis, Suami Sandra Dewi

“Jadi kalau melihat perkembangan Gerakan Pramuka sampai sekarang sangatlah strategis dalam upaya pembangunan karakter bangsa, terlebih dalam membantu pencapaian tujuan pendidikan nasional itu sendiri, yaitu menciptakan manusia Indonesia yang bermartabat, cerdas dan bertaqwa,” katanya.

Ia juga menyebut peran Praja Muda Karana sangat sangat besar, antara lain di berbagai kementerian,  melalui keberadaan Satuan Karya Praja Muda Karanadi sejumlah kementerian dan lembaga negara Praja Muda Karanaakan sangat sejalan dengan upaya Kemendikbud dan berbagai kementerian.

Ia memberi contoh, bahwa di Kemendikbudristek ada saka yang mengajarkan pentingnya pendidikan praktis di bidang pendidikan dan kebudayaan seperti seni, tradisi dan nilai budaya yakni Saka Widya Budaya Bakti.

“Kemudian Saka Bakti Husada di kementerian kesehatan yang memberikan bekal pengetahuan bagi anggota Praja Muda Karana di bidang kesehatan seperti penanggulangan penyakit, pengetahuan tentang gizi, serta perilaku hidup bersih dan sehat,” terangnya lebih lanjut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan