Buruan Cek Bansos 2024 yang Cair di Bulan April!

JABAR EKSPRES – Berikut informasi mengenai cara cek bansos 2024 yang akan cair di bulan April.

Memasuki bulan April Anda sudah bisa kembali cek bansos 2024 yang cair dengan mudah hanya menggunakan handphone.

Cara cek bansos 2024 yang cair di bulan April pun sangat mudah dan dapat Anda akses dimana pun selagi ada koneksi internet yang terhubung.

Bansos adalah program bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah melalui Kemensos kepada masyarakat yang membutuhkan.

Program Bansos mencakup beberapa jenis bantuan, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino, dan lain sebagainya.

Baca juga: Daftar 5 Bansos April 2024 yang Diprediksi Akan Cair!

PKH diberikan kepada keluarga miskin dalam bentuk uang tunai, dengan kategori penerima antara lain ibu hamil, balita, siswa SD, SMP, SMA, serta lanjut usia dan penyandang disabilitas.

BPNT adalah bantuan berupa uang tunai yang dapat dibelanjakan untuk membeli pangan pokok. BLT El Nino diberikan kepada KPM sebesar Rp400.000 karena adanya kenaikan harga kebutuhan pokok.

Jumlah anggaran Bansos 2024 mencapai Rp496 triliun dan bisa dilihat lebih detail di situs resmi Kemensos. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu dan mengurangi angka kemiskinan.

Lantas bagaimana cara melakukan cek bansos? Berikut penjelasannya.

Cek Bansos 2024 yang cair bulan April 2024

  1. Menggunakan Aplikasi

Anda dapat memanfaatkan aplikasi resmi yang disediakan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) untuk mempermudah penerima manfaat mengakses informasi bantuan.

Pertama silakan unduh aplikasi ‘Cek Bansos’ yang dapat Anda unduh melalui Google Playstore atau Appstore. Berikutnya Anda mesti melakukan pendaftaran diri terlebih dahulu dengan cara mengisi Nomor Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang sesuai dengan tempat Anda tinggal saat ini.

Selanjutnya Anda disuruh untuk melakukan swafoto (selfie) sambil memegang Kartu Tanda Penduduk (KTP). Setelah itu klik buat akun baru, lalu pihak Kemensos akan memverifikasi data yang telah Anda isi.

Apabila proses verifikasi selesai maka Anda sudah bisa masuk ke dalam aplikasi menggunakan akun yang baru saja dibuat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan