Pemda KBB Terus Cari Lokasi Relokasi Warga Terdampak Longsor

JABAR EKSPRES – Pemerintah Daerah  Kabupaten Bandung Barat (Pemda KBB) tengah mencari lahan baru untuk mrelokasi rumah terdampak bencana longsor di Kampung Gintung, Kecamatan Cipongkor.

Diketahui, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bakal relokasi 30 rumah terdampak longsor di Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, KBB karena lokasi yang ditempati rawan bencana longsor.

Relokasi 30 rumah ini akan dibiayai oleh BNPB dengan nominal Rp60 juta. Pemerintah Daerah tinggal menyediakan lahan layak sebagai lokasi pembangunan rumah baru.

Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat, Arsan Latif mengatakan, saat ini ketersediaan lahan milik pemerintah berada di lereng terjal sehingga tak cocok dibuat pemukiman. Karena itu, pihaknya saat ini tengah mencari lahan yang sesuai dengan kajian.

BACA JUGA: BMKG: Ada 22 Gempa Bumi di Jabar selama Maret 2024

“Lahan milik desa berada di lereng perbukitan jadi enggak mungkin dibuat pemukiman. Tapi kalau pun ada warga yang memiliki lahan sendiri kita persilahkan untuk membangunnya tinggal berkoordinasi dengan pemerintah setempat,” katanya di Ngamprah, Senin (1/4/2024).

Menurutnya, rumah yang mengalami kerusakan ringan akan diperbaiki oleh BNPB dengan nominal bantuan Rp15-30 juta.

“Sekarang sedang berproses. Bagi warga terdampak yang punya lahan diperbolehkan untuk digunakan. Nanti sisanya, baru lahan dari kita,” ucapnya.

Selama proses relokasi, lanjut Arsan korban terdampak longsor akan diberi Dana Tunggu Hunian atau DTH Rp500 per bulan tiap kepala keluarga.

Meski begitu, proses ini akan berlangsung setelah masa tanggap darurat dicabut serta evakuasi korban tertimbun tuntas.

“Betul akan dapat dana tunggu hunian, tapi nanti itu diproses kalau semua sudah tuntas termasuk evakuasi korban,” tandasnya. (Wit)

BACA JUGA: Pemda KBB akan Segera Relokasi Ratusan Rumah Terdampak Longsor

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan