Mudik 2024 Potensi Diguyur Hujan, BMKG Siaga Modifikasi Cuaca

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa pada arus mudik Lebaran 2024 ini bakal diguyur hujan. BMKG juga bersiap untuk penerapan teknologi modifikasi cuaca sebagai antisipasi cuaca ekstrem.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menguraikan, pihaknya memprediksi bahwa sepekan sebelum lebaran akan didominasi hujan ringan hingga sedang. Hujan intensitas sedang itu cukup berpotensi menimbulkan cuaca ekstrem.

Saat ini di wilayah Indonesia juga tengah terjadi peralihan angin Baratan ke Angin Timuran.

“Angin timuran ini juga masih belum mantap, paling mantab nya di Mei. Maka masih pancaroba,” katanya, Senin (1/4).

Guswanto melanjutkan, dalam masa pancaroba itu peluang bencana yang perlu diantisipasi adalah hujan, petir hingga angin kencang. Hal itu tentunya perlu disiapkan para pemudik saat dalam perjalanan.

BACA JUGA: 7 Puskesmas di Kota Bandung Disiagakan selama Idul Fitri 2024

Untuk lebih pastinya, BMKG juga rajin memberikan informasi perkiraan cuaca tiap 3 jam kedepan melalui berbagai portal yang tersedia. Diharapkan para pemudik bisa memantau portal informasi tersebut, sehingga lebih siap dalam perjalanan mudik. Salah satu portal itu melalui signature.bmkg.go.id.

Guswanto menambahkan, BMKG sendiri juga telah bersiap untuk mendukung kelancaran mudik 2024. Selain update perkiraan cuaca, BMKG juga bersiap untuk penerapan teknologi modifikasi cuaca jika diperlukan.

Mekanismenya adalah standby on call. Artinya BMKG siap siaga jika memang perlu diterjunkan tim untuk memodifikasi cuaca di titik-titik tertentu di Indonesia. Modifikasi cuaca itu akan membantu menekan adanya peluang hujan lebat. Biasanya memanfaatkan penyemaian awan menggunakan garam NaCL.

Dalam kesempatan itu, Guswanto juga berpesan kepada para pemudik untuk memperhatikan berbagai persiapan selama perjalanan. Mulai dari jangan terlalu cepat saat berkelok ketika sedang hujan atau ada genangan guna menghindari aquaplaning. Termasuk memperhatikan kondisi kendaraan dari wiper hingga roda sebelum berangkat.

BACA JUGA: SPBU di Cimahi Diawasi Ketat Jelang Mudik Lebaran

“Badan pemudik juga harus fit. Sedia obat-obatan juga,” imbuhnya.

Gelombang Tinggi Pantai Selatan

BMKG juga memprediksi tinggi gelombang laut pada musim mudik. Perkiraannya tinggi gelombang ada di kisaran 1,25 – 2,5 meter. Itu terjadi di wilayah Samudera Hindia bagian selatan selama April ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan