7 Puskesmas di Kota Bandung Disiagakan selama Idul Fitri 2024

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Sejumlah pusat pelayanan kesehatan masyarakat (Puskesmas) bakal membuka layanan 24 jam. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyampaikan, ada sebanyak tujuh Puskesmas yang beroperasi penuh waktu itu, selama Hari Raya Idul Fitri 2024.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Anhar Hadian menyebut, hal ini untuk memastikan layanan kesehatan tetap tersedia bagi masyarakat yang membutuhkan, meskipun dalam suasana libur.

“Selama Idulfitri ada 7 puskesmas yang buka 24 jam, yaitu puskesmas Garuda, Puter, Pagarsih, Kopo, Padasuka, Ibrahim Adjie, dan Cipamokolan,” tutur Anhar di Balai Kota Bandung, pada Senin, (1/4).

Selain itu, untuk mengantisipasi arus mudik dan arus balik Lebaran 2024/1445 H, Ibu Kota Jawa Barat itu telah menetapkan pos kesehatan di beberapa lokasi strategis. Ada sekitar sembilan pos.

BACA JUGA: Permintaan Gas LPG 3 Kg Meningkat Jelang Lebaran, Pemkot Bandung Gandeng Pertamina

Anhar menuturkan, diantaranya Pos Kesehatan Terminal Leuwipanjang, Pos Kesehatan Terminal Cicaheum, Pos Kesehatan Terminal Ledeng (Palang Merah Indonesia), Pos Kesehatan Taman Dago Cikapayang (Palang Merah Indonesia), Pos Kesehatan Rest Area Km. 147 (PMI Kota Bandung / Himpunan Perawat gawat Darurat dan Bencana Indonesia).

Lalu Pos Kesehatan Merdeka Alun-alun (Persatuan Perawat Nasional Indonesia Kota Bandung), Pos Kesehatan Stasiun Bandung (PT. Kereta Api Indonesia), Pos Kesehatan Stasiun Kiaracondong (PT. Kereta Api Indonesia), dan Pos Kesehatan PSC 119 (Public Safety Centre 119).

Selama periode tersebut juga, kata Anhar, sebanyak 450 tenaga kesehatan akan bertugas di pos kesehatan dan puskesmas yang disediakan. Meliputi dokter, tenaga kesehatan perawat, hingga ratusan pengemudi ambulans yang siaga.

“Jumlah ini mencakup 150 dokter, 150 perawat, dan 150 pengemudi ambulans,” pungkasnya.

BACA JUGA: Ramadan Bawa Berkah, Produksi Al-Quran Braille di Bandung Meningkat

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan