KAI Daop 2: Belasan Ribu Pemudik Telah Meninggalkan Kota Bandung

JABAR EKSPRES – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 Bandung, melaporkan usai ditetapkan masa Angkutan Lebaran tahun 2024 mulai dari tanggal 31 Maret kemarin hingga 21 April 2024 nanti, pemudik yang menggunakan moda transportasi Kereta Api tercatat telah mencapai sekitar 17.615 penumpang.

“Untuk hari pertama (angkutan lebaran 2024) tanggal 31 Maret kemarin, penumpang yang berangkat itu sudah mencapai 10.303. Sedangkan untuk hari kedua ini (tanggal 1 April), update tadi hingga jam 12:00 WIB, itu sudah ada sekitar 7.312 penumpang. Jadi total selama 2 hari ini sudah ada 17.615 penumpang yang meninggalkan wilayah Daop 2 Bandung,” ucap Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Ayep Hanapi, saat dikonfirmasi, Senin (1/4).

Meski begitu, angka tersebut menurut Ayep akan terus meningkat hingga puncak arus mudik 2024 berlangsung di tanggal 6 April nanti.

BACA JUGA: Pengamanan Lalu Lintas dan Angkutan Lebaran 2024, Pemkab Bandung Siapkan 334 Personel Gabungan

“Penumpang diprediksi akan terus meningkat karena kita sudah melakukan penjualan tiket hingga tanggal 6 (April) itu sebanyak 12.316 tiket, dan tanggal 7 nya itu sebanyak 12.210 (tiket),” katanya

Sementara itu, disinggung soal perjalanan favorit selama Angkutan Lebaran 2024, Ayep menyebut sebagian besar penumpang berangkat ke arah Jawa Timur.

“Seperti dari stasiun kiaracondong, KA (Kereta Api) Kahuripan relasi Kiaracondong – Blitar dari tanggal 28 Maret sampai tanggal 15 April sudah habis terjual. Terus yang kedua KA Kutojaya Selatan relasi Kiaracondong – Kutoarjo juga, tanggal 1 April sampai tanggal 15 April sudah habis terjual,” ucapnya

“Sementara untuk keberangkatan dari Bandung, rute favorit, Bandung – Solo Balapan dengan KA Lodaya pagi dan malam tanggal 6 – 9 April itu juga habis terjual. Terus Bandung – Surabaya dengan KA Argo Wilis selatan dan Turangga itu juga sama,” sambungnya

Maka dengan adanya hal tersebut, Ayep menuturkan pihaknya sudah menyiapkan beberapa opsi kepada mayarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik menggunakan Kereta Api namun kehabisan tiket.

“Jadi masyarakat bisa update ketersediaan tiket melalui akses byKAI. Nah kalau habis, opsinya paling dengan mengganti tanggal yang masih tersedia misalkan Bandung – Solo tanggal 6 tanggal 9 habis, ya tanggal 5 kita buka,” tuturnya

Sebelumnya, untuk mengantispasi terjadinya kepadatan penumpang saat angkutan lebaran 2024 berlangsung, Ayep menyebut PT KAI Daop 2 telah melakukan penambahan rute perjalan kereta api.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan