Kondisi Terkini Gudang Munisi yang Meledak di Ciangsana, Lokasi Sekitar Dipastikan Aman

JABAR EKSPRES – Update terkini lokasi sekitar gudang munisi yang meledak di Ciangsana, sudah dipastikan aman. Hal ini diungkapkan oleh Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI, Mohamad Hasan.

Ia menyampaikan dengan situasi di lokasi sekitar yang sudah aman ini, sehingga tak perlu membuat masyarakat khawatir lagi.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat yang di sekitar lokasi ini untuk tenang dan tidak perlu khawatir lagi, karena kita nilai dampaknya tidak bisa menimbulkan ledakan lagi,” ujar Mayjen Hasan, dikutip dari laman Antara, Minggu (31/3/2024).

Walaupun situasi di lokasi dinyatakan aman, Mayjen Hasan menyatakan bahwa anggota TNI akan tetap melakukan penyisiran di sekitar wilayah ledakan yang berdekatan dengan Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, terletak di Desa Ciangsana, Kabupaten Bogor.

BACA JUGA: Gudang Peluru TNI di Bogor Meledak, Kades Ciangsana Minta Warga Menjauh

Agar memastikan selongsong dan sisa-sisa material yang meledak, termasuk yang berada di luar area gudang, dapat diamankan dan dibersihkan oleh petugas, maka menurutnya penyisiran ini perlu dilakukan.

Meskipun demikian, lanjutnya, selongsong atau munisi yang terlempar ke luar berhasil dikumpulkan dan diamankan oleh petugas.

“Kami meminta kepada masyarakat apabila menemukan selongsong atau munisi yang terlempar untuk dilaporkan. Namun, sejauh ini semua dampak yang terjadi selongsong yang banyak terlempar sudah kami amankan semua,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa proses pemadaman telah selesai berkat kerja sama dari semua unsur yang terlibat.

Mayjen Hasan mengatakan bahwa mereka mendapat bantuan dari Dinas Pemadam Kebakaran DKI dan berhasil memadamkan seluruhnya.

Hasan menceritakan bahwa ledakan di gudang munisi terjadi setelah waktu berbuka puasa. Kejadian tersebut juga terjadi di Gudang 6 dari total 16 gudang yang ada di Gudmurah. Pada pukul 18.05 WIB, asap terdeteksi di gudang nomor 6, Gudmurah Kodam Jaya.

BACA JUGA: BREAKING NEWS! Gudang Peluru TNI di Bogor Meledak

Saat insiden terjadi, anggota TNI yang berjaga langsung memberi peringatan kepada warga sekitar agar tetap tenang. Mereka juga menginstruksikan agar jika menemukan selongsong peluru, segera melaporkannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan