Tips Cerdas Menghindari Aplikasi Scam Agar Tidak Terjerat Penipuan Online

JABAR EKSPRES – Di tengah maraknya peredaran aplikasi scam di internet maupun di Google Playstore, penting bagi pengguna untuk bisa mengidentifikasi dan menghindari aplikasi yang berpotensi merugikan.

Meskipun Google Play Store telah menerapkan kebijakan dan proses ketat untuk mencegah masuknya aplikasi penipuan, tetap ada kemungkinan beberapa aplikasi scam lolos ke platform tersebut.

Aplikasi scam adalah aplikasi yang menjadi rancangan dengan tujuan menipu pengguna, baik dengan mencuri informasi pribadi, menampilkan iklan yang berlebihan, atau menghasilkan keuntungan secara tidak sah.

Baca juga : Smart Wallet Buka WD dan Tawarkan Bonus Hari ini, Nyata atau Penipuan Selanjutnya?

Google telah mengambil langkah-langkah untuk membersihkan platformnya dari aplikasi scam, dengan lebih dari 150 aplikasi penipuan ini yang dihapus pada tahun 2021.

Untuk menghindari jebakan aplikasi penipuan seperti ini, pengguna dapat mengikuti beberapa tips penting yang sudah kami rangkum berikut ini.

Tips Menghindari Aplikasi Scam

  1. Periksa Ulasan dan Peringkat

Selalu periksa ulasan dan peringkat pengguna sebelum mengunduh aplikasi.

Ulasan dan komentar pengguna dapat memberikan informasi berharga tentang keandalan dan keamanan aplikasi.

  1. Tinjau Pengembang

Teliti profil pengembang aplikasi untuk memastikan bahwa mereka memiliki reputasi yang baik dan telah menerbitkan aplikasi yang terpercaya sebelumnya.

  1. Periksa Izin Aplikasi

Sebelum mengunduh, periksa izin yang diminta oleh aplikasi. Hindari aplikasi yang meminta izin yang tidak relevan atau berlebihan.

  1. Gunakan Aplikasi Antivirus

Instal aplikasi antivirus yang terpercaya dan lakukan pemindaian rutin untuk memastikan keamanan perangkat Anda.

Baca juga : Satgas PASTI Blokir Rekening Smart Wallet, Para Member Cuma Bisa Gigit Jari

  1. Selalu Perbarui Sistem dan Aplikasi

Pastikan sistem operasi dan aplikasi terinstal selalu perbarui dengan versi terbaru untuk memperoleh perbaikan keamanan terbaru.

  1. Laporkan Aplikasi yang Mencurigakan

Jika menemukan aplikasi yang mencurigakan, laporkan kepada Google menggunakan fitur pelaporan yang tersedia di Play Store.

Dengan mengikuti tips ini, pengguna dapat lebih waspada dan terhindar dari jebakan aplikasi penipuan yang kini tengah beredar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan