Kemenhub Buka Kembali Pendaftaran Mudik Gratis 2024, 10 Ribu Kursi Bus Tambahan Tersedia

JABAR EKSPRES – Kementerian Perhubungan (Kemenhub), melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, kembali membuka pendaftaran untuk program Mudik Gratis 2024 dengan moda bus.

Untuk tahun ini, tambahan kuota sebanyak 10.000 kursi disediakan untuk arus mudik dan balik. Keputusan untuk membuka kembali program ini didorong oleh tingginya antusiasme masyarakat dalam mengikuti program Mudik Gratis pada masa angkutan lebaran 2024/1445 H.

Program ini diharapkan dapat mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Pendaftaran Mudik Gratis telah dibuka sejak tanggal 6 Maret 2024 oleh Ditjen Perhubungan Darat, dengan kuota awal 30.088 untuk arus mudik dan balik.

Kuota tersebut telah terpenuhi untuk kota-kota tujuan mudik dan arus balik.

Baca juga: Cara Daftar Mudik Gratis Bus Kemenhub 2024 Dibuka Hari Ini, Kuota Tambahan 10 Ribu!

“Ditjen Perhubungan Darat menyiapkan kembali kuota untuk 10.000 orang sehingga diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan sebaik-baiknya kuota ini. Sistemnya sama seperti sebelumnya, siapa cepat dia dapat. Dengan ini maka Ditjen Hubdat menyediakan kuota seluruhnya 40.088 orang untuk mudik gratis 2024,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno di Jakarta, Jumat (29/3).

Dari kuota tambahan tersebut, sebanyak 8.680 orang untuk arus mudik dan 1.320 orang untuk arus balik. Pendaftaran untuk seluruh kuota ini akan dibuka mulai hari Sabtu, 30 Maret 2024 pukul 08.00 WIB melalui aplikasi MitraDarat.

Pendaftaran akan ditutup setelah kuota terpenuhi.

Adapun kota tujuan mudik mencakup 26 kota, antara lain Garut, Cirebon, Blora, Boyolali, Cilacap, Tegal, Demak, Jepara, Kebumen, Klaten, Magelang, Madiun, Pati, Malang, Pekalongan, Purwokerto, Semarang, Sragen, Solo, Wonosobo, Tulungagung, Tuban, Wonosari, Bengkulu, Palembang, dan Lampung.

“Untuk kota asal keberangkatan arus balik yaitu sebanyak 7 kota di antaranya Semarang, Purwokerto, Solo, Surabaya, Wonogiri, Yogyakarta, dan Madiun,” jelasnya.

Baca juga: Daftar 8 Mudik Gratis 2024, Klik di Sini Sekarang Juga!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan