Vihara Dhanagun Perkuat Tradisi Persatuan Lintas Agama di Kota Bogor

JABAR EKSPRES – Yayasan Vihara Dhanagun kembali menunjukan komitmennya dalam mendorong dan menjaga keharmonisan antar umat beragama di Kota Bogor.

Teranyar, rumah ibadah yang berlokasi di Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah ini sukses menggelar acara buka puasa bersama dan santunan untuk lebih dari 400 anak yatim di Kota Bogor pada Rabu, 27 Maret 2024.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menyebut, kegiatan buka puasa bersama yang dilakukan di Vihara Dhanagun merupakan tradisi yang langka di berbagai daerah lain.

Bahkan, sambung dia, kegiatan tersebut sudah berlangsung selama hampir 10 tahun secara konsisten, di mana mereka berbagi kebahagiaan dengan anak yatim dari pengurus Vihara Dhanagun.

Tradisi ini melibatkan berbagai komunitas lintas agama dan menjadi inspirasi bagi banyak orang.

“Saya agak sulit melihat padanannya di kota-kota lain, ini contoh rumah ibadah yang terbuka untuk semua, dan bukan hanya warga dan komunitas, tapi bersama Forkopimda, ada Danrem, Dandim, Danlanud, Kapolres, bersatu semua disini,” ungkap Bima saat ditemui Rabu (27/3) Malam.

BACA JUGA: DPRD Dorong Pemkot Bogor Tuntaskan Masalah Kemiskinan dan Pengangguran

Ia menekankan pentingnya menjaga tradisi kebersamaan ini sebagai bentuk toleransi antar umat beragama.

“Ini merupakan simbol kebersamaan yang sangat luar biasa di Kota Bogor. Saya berterima kasih kepada pengurus Vihara Dhanagun, yang konsisten melakukan kegiatan sosial ini,” tuturnya.

Selain kegiatan buka puasa bersama dan santunan, Vihara Dhanagun juga memberikan layanan kesehatan gratis bagi kaum duafa tanpa memandang agama.

Untuk itu, Bima Arya mendorong agar tradisi tersebut dapat terus dijaga oleh semua pihak di Kota Bogor.

Sebab menurutnya, melalui kegiatan tersebut memantik pesan yang kuat yakni, edukasi tentang toleransi sejak dini, di mana anak-anak dapat melihat contoh positif dari pemimpin dan tokoh agama yang berbeda-beda namun tetap bersatu dalam kebaikan.

“Nah saya berharap ke depan ini dijaga, siapapun wali kotanya siapapun Forkopimdanya,” tegas Bima.

BACA JUGA: Libur Panjang Lebaran, Tirta Kahuripan Tetap Siaga Berikan Pelayanan

Sementara itu, Ketua Panitia, Hettyana Yasin Raharja menambahkan, kegiatan buka puasa bersama di Vihara Dhanagun menjadi momen untuk mempererat persaudaraan dan memperkuat kebersamaan antar umat beragama di Kota Bogor.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan