Tips agar Bacaan Buku Kamu Tetap Lengket

JABAR EKSPRES – Membaca buku bagi sebagian orang merupakan hal yang menyenangkan dalam mengisi waktu luangnya.

Hobi ini sangat bermanfaat bagi diri sendiri karena menambah wawasan diri sendiri dan mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat.

Tapi, tidak semua orang mampu mengingat apa yang telah mereka baca. Sebagian mereka tidak ingat inti bukunya atau lupa sama sekali dengan apa yang telah dia baca.

Baca juga: Beasiswa Ke King Saud University, Berikut Profil Kampus Dan Syarat Pendaftarannya!

Berikut beberapa tips agar bacaan yang telah kamu baca bisa lengket di kepala:

  1. Berdoa sebelum membaca buku dan niatkan untuk mencari ilmu

Bagi umat beragama, berdoa merupakan hal yang penting. Berdoa harus dilakukan disetiap kegiatan sehari-hari, termasuk dalam membaca buku.

Berdoa merupakan salah satu bentuk pengharapan kepada Tuhan agar bacaan yang dibaca menjadi berkah dan mudah diingat oleh otak.

Dan niatkan membaca buku untuk mencari ilmu, bukan menjadi ajang pamer kepintaran dan mencari perhatian orang lain.

  1. Tandai kutipan atau insight yang menurutmu penting

Kutipan atau insight yang kamu dapat sebaiknya ditandai agar tidak lupa. Kamu bisa menggunakan sticky note atau stabilo agar nantinya kamu bisa menemukannya dengan mudah.

  1. Per satu bab, tulis kembali insight atau kesimpulan yang kamu dapat

Lakukan hal ini agar bacaan yang kamu baca tidak lupa. Menulis kembali ini agar meningkatkan ingatan dan mengikat ilmu yang telah didapat.

Baca juga: Tips Cuan Investasi Saham, Dijamin Berhasil!

  1. Review buku

Setelah membaca satu full buku, kamu bisa melakukan review buku, baik sendiri atau pun dengan teman-teman. Kamu juga bisa membagikan hasil bacaanmu di sosial media yang kamu miliki agar insight yang kamu dapat bisa dibaca oleh khalayak ramai. Hal ini juga membuka peluang untukmu melakukan diskusi dengan pengikut sosial mediamu.

Selain itu, kamu juga bisa melihat atau mendengarkan review dari orang, baik melalui sosial medianya ataupun diskusi langsung. Dengan hal ini dapat membuatmu memiliki wawasan yang lebih luas dan terbuka.

Tinggalkan Balasan