Telan Rp113 Miliar, Wajah Baru Masjid Agung Kota Bogor Diharapkan Dongkrak Perekonomian

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akhirnya merampungkan salah satu proyek strategis, yakni Masjid Agung Al Isra yang berlokasi di area Alun-alun Kota Bogor pada Kamis, 28 Maret 2024.

Peresmian secara simbolis dilakukan oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya disaksikan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Ketua ICMI Pusat, Arif Satria dan jajaran kepala perangkat daerah Pemkot Bogor hingga pimpinan Forkopimda Kota Bogor serta masyarakat yang tengah beraktivitas di kawasan Alun-alun.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menjelaskan, Masjid Agung Al Isra Kota Bogor pertama dibangun tahun 1987 di masa Wali Kota Bogor, Muhammad atas keinginan para tokoh islam Kota Bogor memiliki masjid yang megah di pusat kota berdampingan pusat ibadah lain.

Karena kebutuhan jamaah yang terus meningkat, pada 2016 dibangun dan setelah berproses selama tujuh tahun dengan menelan anggaran sekitar Rp113 miliar rampung di tahun 2023.

BACA JUGA: Vihara Dhanagun Perkuat Tradisi Persatuan Lintas Agama di Kota Bogor

Bima Arya menyebut, bahwa selama prosesnya hadir dinamika dan catatan-catatan yang terjadi selama pembangunan yang menjadi pembelajaran dan tidak terulang kembali, khususnya pada kegiatan-kegiatan lain ke depan.

“Alhamdulillah hari ini Masjid Agung Al Isra Kota Bogor rampung dan Insya Allah memberikan keberkahan bagi semua. Ini bukan soal keinginan punya masjid megah dan bagus, tapi juga ingin punya masjid yang makmur dan penuh makna,” katanya saat peresmian.

Dirinya berharap hadirnya Masjid Agung Al Isra tidak hanya sebagai pusat ibadah, tetapi juga pusat pemberdayaan umat secara ekonomi, pusat kegiatan sosial dan pusat peradaban.

Apalagi di kiri ada alun-alun sebagai pusat kegiatan sosial, sebelah kanan ada pasar sebagai pusat kegiatan ekonomi dan di depan ada stasiun yang menghantarkan ribuan warga masuk ke Kota Bogor.

“Insya Allah masjid ini akan memberikan manfaat dan berkah bagi warga sekitar dan kota Bogor,” ungkap Bima.

BACA JUGA: DPRD Dorong Pemkot Bogor Tuntaskan Masalah Kemiskinan dan Pengangguran

Untuk memudahkan para pedagang dalam beribadah, Masjid Agung Al Isra dilengkapi dengan jembatan penghubung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan