Dishub Kota Bandung Bersiap Sambut Mudik Lebaran 2024

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Ratusan petugas hingga puluhan posko bakal disiapkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung. Hal ini dilakukan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan para pemudik jelang Idulfitri 1445 Hijriah pada 2024.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara, mengatakan bahwa pihaknya menyiagakan 706 personel. Mereka disiagakan memantau operasi angkutan lebaran yang akan dilaksanakan pada H-7 hingga H+7 Hari Raya Idul Fitri.

“Kendaraan angkutan Lebaran harus memenuhi aspek laik jalan dan laik operasional. Laik jalan artinya kendaraan tersebut layak untuk membawa penumpang,” kata Asep kepada wartawan, Kamis 28 Maret 2024.

BACA JUGA: Berulah di Nagreg, 6 Debt Collector Berhasil Diamankan

Dia menjelaskan, kendaraan layak operasi yang dimaksudkan, yakni surat-surat dan aspek administrasi kendaraan yang layak untuk membawa penumpang. Lantas inspeksi keselamatan dilakukan di sejumlah terminal.

Inspeksi keselamatan atau ramp check tersebut bakal dilakukan di Terminal Leuwipanjang dan Terminal Cicaheum pada 3-18 April 2024. Sementara pengawasan akan diperketat di Pool Bus Kota Bandung sejak 27 Maret hingga 2 April 2024.

Pada tahap awal inspeksi keselamatan, menurutnya sejauh ini kendaraan angkutan Lebaran di Kota Bandung masih memenuhi dua aspek kelaikan tersebut. Dia memastikan proses ini akan terus berjalan guna memberi rasa aman dan nyaman bagi pemudik.

“Jangan sampai terjadi kecelakaan menonjol. Sekecil apapun ada faktor ketidaklaikan jalan maupun operasional, itu tidak akan kami loloskan,” pungkasnya.

BACA JUGA: Permintaan Gas LPG 3 Kg Meningkat Jelang Lebaran, Pemkot Bandung Gandeng Pertamina

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan