Profesi Sekretaris Tak Dapat Tergantikan oleh AI, Akademi Sekretari Manajemen Taruna Bakti Ungkap Alasannya

JABAR EKSPRES –  Ditandai dengan pesatnya kecanggihan, kemajuan teknologi telah banyak membantu dalam memudahkan pekerjaan sehari-hari. Namun, teknologi juga dapat mengancam lapangan pekerjaan yang selama ini ada di masyarakat.

 

Menurut World Economic Forum (2023), teknologi kecerdasan buatan (AI) akan memengaruhi 83 juta lapangan pekerjaan dalam waktu lima tahun ke depan, salah satunya profesi sekretaris.

 

Namun faktanya, berdasarkan analisa pada lapangan kerja yang sesungguhnya terutama di Indonesia, peran sekretaris di era modern ini lebih besar dari sebelumnya dan sekretaris sangat menentukan keberhasilan Perusahaan.

 

“Peran strategis sekretaris yang dituntut untuk lebih dominan dalam pekerjaannya  diantaranya dalam mendampingi pimpinan dalam melaksanakan tugasnya dan membangun komunikasi secara internal maupun eksternal dengan relasi tidak akan tergantikan oleh kecanggihan teknologi yang dikenal dengan teknologi kecerdasan buatan (AI),” kata Direktur Akademi Sekretari Manajemen Taruna Bakti (ASMTB), Dr. Chandra Hendriyani, M.Si., CHCM

 

Profesi sekretaris akan tetap eksis dan dibutuhkan pada setiap institusi/lembaga/perusahaan sehingga tidak mudah tergantikan oleh AI, berikut adalah alasannya:

 

  1. Sekretaris Profesional Memiliki Kemampuan Kognitif Luar Biasa

Kemampuan kognitif yang tidak dimiliki oleh AI seperti Verbal Reasoning (kemampuan menganalisa & menyelesaikan masalah dengan kata/kalimat secara tertulis dan lisan), Logical Reasoning (kemampuan menganalisa & menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan yang logis dan hubungan antara ide atau pernyataan), dan Perceptual Speed (kemampuan mengidentifikasi & memproses informasi secara cepat dan akurat, khususnya dalam situasi yang memerlukan pengambilan keputusan atau tindakan cepat).

 

  1. Sekretaris Profesional Memiliki Kecerdasan Emosional

Kecerdasan Emosional seperti self-awareness, rasa empati dan social skills yang menerapkan kemampuan emosional untuk membangun hubungan sosial yang kuat dengan sekitarnya tidak dapat tergantikan oleh AI.

 

  1. Menguasai Teknologi Office Management

Mahasiswa yang kuliah jurusan sekretaris di ASM Taruna Bakti (ASMTB) akan secara profesional menguasai kemampuan yang dibutuhkan oleh manajemen dan administrasi perkantoran, dilengkapi dengan sertifikasi Microsoft Office Specialist, sertifikasi internasioal TOEIC dan sertifikasi administrasi perkantoran BNSP.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan