Rotasi Ramadan di Kabupaten Bandung, Ingatkan Bahaya Radikalisme

JABAR EKSPRES  – Antusiasme puluhan pemuda dari sejumlah komunitas dan mahasiswa terlihat saat mengikuti kegiatan Ruang Obrolan Terbuka Asyik di Bulan Ramadhan (Rotasi Ramadhan).

Kegiatan kali ini berlangsung di Angkringan Rumah Kayu Citarum, Desa Mekar Rahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Selasa 26 Maret 2024.

Acara Rotasi Ramadhan season 2 yang diinisiasi oleh Pemuda Sapu Bersih Hoaks mengusung tema Ngaso Bari Sila (Ngawangkong Soal Bahaya Radikalisme dan Situasi Wilayah). Tentunya acara ini dibalut skema talkshow menarik.

Ketua pelaksana kegiatan, Ikrima Qolbiyah menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diharapkan menjadi ajang untuk sama-sama menolak paham radikalisme dan memiliki waspada tersendiri dalam hal isu situasi wilayah.

“Menghadapi era digitalisasi akan maraknya isu-isu informasi dalam bahaya radikalisme, menjadi refleksi bersama bagi para pemuda sebagai generasi bangsa di lingkungan masyarakat, perlu peningkatan secara rasa sadar dan daya nalar dalam menepis segala marabahaya radikalisme dan informasi yang belum tervalidasi kebenarannya,” ujar Ikrima kepada awak media.

Baginya peran pemuda untuk menangkal radikalisme di era digitalisasi menjadi garda terdepan.

“Harapan digelar kegiatan ini sebagai wujud aktualiasi Pemuda Saber Hoaks menjaring potensi pemuda di Kabupaten Bandung sekaligus open recruitment anggota. Dan potensi pemuda ini paham akan digitalisasi segala bentuk ancaman dan bahaya informasi radikalisme,” katanya.

Hadir juga narasumber dari Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bandung yang diwakili oleh Supriadi selaku Analis Kebijakan Muda, Iwan Nuryan sebagai Direktur LKKPH Neraca Bandung, dan Ketua Jabar Sapu Bersih Hoaks, Alfianto Yustinova, yang diwakili oleh Ganjar Darusalam.

Tinggalkan Balasan