Mengintip Ngabuburit di Masjid Al Jabbar Bandung, Ada Takjil Gratis hingga Wisata Kemolekan Arsitektur

Ngabuburit di Masjid Al Jabbar Kota Bandung bisa jadi salah satu spot untuk aktivitas menunggu waktu buka puasa. Ketika tidak hujan dan matahari tidak begitu terik adalah momen yang paling tepat untuk ngabuburit di masjid yang ada di Kecamatan Gedebage. Pengunjung dapat menikmati indahnya senja di balik kemegahan Masjid Al Jabbar.

HENDRIK MUCHLISON, JABAR EKSPRES 

Ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung sembari menunggu waktu buka puasa. Pertama, pengunjung dapat duduk-duduk di samping kolam yang mengelilingi masjid itu.

Kemudian bisa mengisi waktu dengan naik kereta wisata. Atau sekedar duduk – dudu dan berfoto di halaman masjid.

Selasar masjid yang diarsiteki Ridwan Kamil itu juga cukup luas. Bisa untuk duduk-duduk atau rebahan ketika lelah berkeliling.

Saat ini juga sedang ada bazzar Ramadan. Sehingga masyarakat bisa berburu kuliner hingga fashion sembari menunggu waktu berbuka. Ada puluhan stand Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berdiri di halaman masjid. “Asyik di sini. Sekalian wisata relig,” kata Ulfa, salah satu pengunjung yang ngabuburit.

Panitia juga menyediakan takjil gratis bagi pengunjung. Biasanya akan dibagikan jelang Azan Magrib. Kuotanya sekitar 1.000 porsi setiap hari. Kalau pengunjung lagi banyak tentu tidak semua kebagian. “Mumpung lagi di Bandung, ikut ngabuburit sambil berburu takjil gratis,” kata Maulana, pengunjung asal Sumedang.

BACA JUGA: Membentuk Karakter Toleransi dengan Implementasi Program P5

Polanya, pengunjung akan meningkat ketika akhir pekan. Tidak jarang masjid itu dikunjungi warga dari luar daerah hingga luar provinsi. Data dari dashboard.jabarprov.go.id mencatat sedikitnya sudah ada 4,122 pengunjung ke Masjid Al Jabbar sejak April 2023 hingga akhir Maret 2024 ini.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan