Pj Gubernur Jabar Ajak Warga Segerakan Zakat

BANDUNG – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Triadi Machmudin menunaikan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jabar di Gedung Sate, Selasa 26 Maret 2024. Tak sendiri, Bey juga menunaikan kewajiban zakat bagi Isteri dan Anaknya.

“Selagi bulan Ramadan saya mengajak warga Jabar untuk menyerahkan zakat, baik itu zakat maal atau fitrah sesegera mungkin, agar saudara yang membutuhkan dapat menerimanya,” kata Bey di lokasi.

Bey tak menampik jika potensi dana zakat cukup besar di Jabar termasuk dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN). “Potensi zakat ASN Jabar, tentu harapannya tinggi,” ungkapnya.

Bey mengapresiasi kinerja Baznas Jawa Barat  yang telah mampu meningkatkan capaian pengelolaan zakat dari tahun ke tahun. Pada 2023, Baznas Jabar berhasil menghimpun zakat Rp 3,7 triliun.

“Jumlah tersebut di luar zakat yang dibayarkan masyarakat langsung kepada mustahik, atau disalurkan melalui lembaga lain,” paparnya.

“Saya mengapresiasi kinerja Baznas Jawa Barat yang telah membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu. Saya harap Baznas terus meningkatkan kinerjanya agar zakat dapat tersalurkan dengan tepat sasaran dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat,” tandasnya.

Di lokasi yang sama, Ketua Baznas Jabar Anang Jauharuddin mengatakan, bahwa penyerahan zakat ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Ramadan Baznas Jabar tahun 2024 yang mengusung tema ‘Berbagi Kebahagiaan Ramadhan’.

Selain memenuhi kewajiban sebagai muslim, kegiatan ini diharapkan menjadi edukasi masyarakat dalam meningkatkan kepedulian bersama melalui zakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu, khususnya di bulan ramadan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur Jabar atas zakat yang telah diserahkan. Zakat ini akan kami salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti fakir miskin, anak yatim piatu, dan kaum dhuafa,” kata Anang.

Anang menuturkan, selain pengumpulan dan mengelola dana zakat hingga sadakah, Baznas Jabar telah merealisasikan berbagai program kemanusiaan seperti  program menggalang donasi melalui program membasuh luka palestina.

Melalui program tersebut, dana yang terkumpul melalui Baznas Jabar atas kepedullian masyarakat Jabar yang begitu besar kepada rakyat Palestina mencapai Rp 16.465.184.659.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan