Akurat! Quick Count LSN hanya Selisih 0,15 Persen dengan Hitung Resmi KPU

JABAREKSPRES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI baru saja mengumumkan penghitungan hasil Pilpres 2024 sekaligus menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang. Sejauhmana akurasi hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga survei?

Seberapa besar selisih atau simpangan absolut hasil hitung cepat lembaga-lembaga survei dengan hasil hitung resmi KPU RI? Lembaga survei mana yang hasil quick count-nya paling akurat?

Menurut Sekjen Asosiasi Survei Opini Publik Indonesia (ASOPI) Fetra Ardianto, hampir semua lembaga survei papan atas yang melaksanakan hitung cepat hasil Pilpres 2024 terbukti akurat.

“Kesalahan rata-rata (average error) semua lembaga survei yang quick count-nya ditayangkan televisi nasional kurang dari 1% alias masih di bawah margin of error yang mereka tetapkan,” ujar Fetra dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 23 Maret 2024.

Namun demikian, menurut Fetra, dari 11 lembaga survei yang data masuk quick countnya terpantau hingga mencapai 100 persen, salah satu lembaga survei yang tergolong terakurat dan presisi yang tinggi adalah Lembaga Survei Nasional (LSN).

“Selisih hasil hitung cepat LSN dengan hasil hitung resmi KPU RI hanya 0,15% saja. Selain LSN, lembaga survei yang hasil hitung cepatnya masuk tiga besar terakurat adalah LSI Denny JA dan Poltracking Indonesia,” katanya.

Diketahui, KPU RI belum lama ini secara resmi mengumumkan hasil Pilpres 2024. Berdasarkan data KPU tersebut, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapatkan suara 58,58 % sekaligus dinyatakan sebagai pemenang Pilpres 2024. Di posisi kedua pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (24,95%) dan di tempat ketiga pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (16,47%).

Pada 14 Februari 2024, Lembaga Survei Nasional (LSN) melaksanakan quick count hasil Pilpres 2024 bekerjasama dengan Garuda TV juga menyebutkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran memperoleh 58,35% suara.

Posisi kedua juga ditempati pasangan Anies-Muhaimin dengan perolehan suara 24,99%, sementara pasangan Ganjar-Mahfud MD di posisi juru kunci dengan 16,66% suara.

Dengan demikian jika dibandingkan dengan data resmi KPU, hasil quick count LSN hanya selisih 0,15% saja. Lembaga survei lain yang quick count-nya terakurat adalah Lingkaran Survei Indonesia atau lebih dikenal dengan LSI Denny JA.

Dalam menggelar quick count hasil Pilpres 2024 LSI Denny JA bekerjasama dengan TVOne. Ketika data masuk quick count LSI Denny JA telah mencapai 100%, pasangan Prabowo-Gibran memperoleh 58,47% suara, diikuti pasangan Anies-Muhaimin (24,98%) dan pasangan Ganjar-Mahfud MD (16,55%).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan