Hukum Makan dan Minum Sahur saat Adzan Subuh Berkumandang!

JABAR EKSPRES – Makan dan minum sahur saat adzan subuh telah berkumandang tidak sedikit umat muslim yang melakukannya, karena berbagai alasan. Lalu apa hukumnya menurut islam?

Dalam Islam, sahur sendiri merupakan kegiatan makan atau minum yang dilakukan sebelum terbit fajar dan sebelum adzan subuh berkumandang.

Saat adzan subuh sudah berkumandang, umat Muslim seharusnya telah selesai makan sahur. Namun, jika seseorang masih dalam proses makan atau minum saat adzan subuh berkumandang, terdapat beberapa ketentuan yang berlaku. 

Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai hukum menurut islam makan sahur saat adzan subuh telah berkumandang.

Hukum Makan Sahur saat Adzan Subuh Sudah Berkumandang

  • Dibolehkan untuk Melanjutkan Makan

Jika seseorang masih dalam proses makan atau minum saat adzan subuh berkumandang, maka dibolehkan untuk melanjutkan makan sampai selesai. Tidak diperlukan untuk menghentikan makanan secara tiba-tiba saat adzan berkumandang. 

BACA JUGA: Tidur Siang saat Berpuasa, Ketahui Apa Hukumnya Menurut Islam!

  • Makanan yang Sudah Masuk Mulut Boleh Dihabiskan

Jika seseorang sudah menaruh makanan atau minuman di mulutnya saat adzan subuh berkumandang, maka diperbolehkan untuk menghabiskannya. Namun, setelah selesai sahur, seharusnya segera mulai untuk berpuasa.

  • Harus Berhenti Makan Setelah Selesai

Setelah selesai makan atau minum, wajib untuk berhenti dan mulai menjalankan puasa. Tidak diperbolehkan untuk terus makan atau minum setelah adzan subuh berkumandang.

  • Niat Puasa Harus Dilakukan

Meskipun telah makan sahur, jika memang berniat untuk puasa, maka diharuskan untuk tetap melafalkan niat puasa untuk menjalankan ibadah puasa secara sah. 

BACA JUGA: Sering Memikirkan Makanan dan Minuman saat Berpuasa? Ketahui Apa Hukumnya

  • Pentingnya Kepatuhan terhadap Adzan

Adzan merupakan panggilan untuk shalat, dan umat Muslim dianjurkan untuk segera menunaikan shalat subuh setelah adzan berkumandang. Oleh karena itu, sebaiknya berhenti makan atau minum setelah mendengar adzan subuh, kecuali jika masih dalam proses makan atau minum sahur.

Sahur sendiri alangkah baiknya selesai sebelum adzan subuh berkumandang, namun jika seseorang masih dalam proses makan atau minum saat adzan berkumandang, dibolehkan untuk melanjutkan makan sampai selesai. Namun, penting untuk segera berhenti setelah selesai makan dan melakukan niat puasa di dalam hati. Kepatuhan terhadap adzan dan pelaksanaan ibadah puasa yang benar merupakan bagian penting dari ketaatan kepada ajaran agama Islam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan