8 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi untuk Menjaga Imun Tubuh!

JABAR EKSPRES – Makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari dapat mempengaruhi kualitas imun tubuh, oleh sebab itu apa saya makanan dan minuman yang baik dikonsumsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap terjaga?

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat dan berfungsi dengan optimal, kamu perlu mengonsumsi jenis makanan yang memiliki kandungan baik bagi tubuh secara teratur dan seimbang sebagai bagian dari gaya hidup yang sehat untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Di bawah ini terdapat beberapa makanan dan minuman yang baik dikonsumsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat dan berfungsi optimal: 

Makanan dan Minuman yang Baik untuk Imun Tubuh

  • Buah-buahan dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran kaya akan nutrisi dan antioksidan yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Contoh buah-buahan dan sayuran yang baik untuk di konsumsi di antaranya seperti jeruk, citrus, strawberi, brokoli, jahe, bayam. 

BACA JUGA: Kaya Kandungan Air, Konsumsi Minuman Detox Melon Bantu Menghidrasi Tubuh!

  • Yogurt dan Produk Fermentasi

Yogurt dan produk fermentasi lain yang mengandung bakteri baik atau probiotik yang mendukung kesehatan saluran pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

  • Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan seperti almond, kenari, kacang tanah, dan biji bunga matahari kaya akan vitamin E, seng, dan selenium yang penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh.

  • Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan sarden mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan respons imun tubuh. 

BACA JUGA: Miliki Kebiasaan Minum Air Putih di Pagi Hari? Ini Manfaatnya!

  • Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak seperti dada ayam atau daging sapi tanpa lemak mengandung protein dan zat besi yang diperlukan untuk pembentukan sel darah putih, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh.

  • Air Putih

Mengonsumsi air putih yang cukup membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mendukung fungsi semua sistem tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh.

  • Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol dan epigallocatechin gallate (EGCG) yang memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan, yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan