6 April Diprediksi Jadi Puncak Arus Mudik Jabodetabek, Ini Skema Jasa Marga

BANDUNG, JABAR EKSPRES – PT Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik Idul Fitri 2024 di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan terjadi pada H-5 lebaran. Sementara untuk puncak arus balik, menurut Senior General Manager Jasa Marga Metropolitan Toll Road Regional Division, Widiyatmoko, diprediksi akan terjadi pada tanggal 15 April 2024 nanti.

“Jadi puncaknya (mudik) diprediksi terjadi pada tanggal 6 April 2024, di tanggal itu akan ada peningkatan kendaraan. Kalau arus balik, tanggal 15 April 2024” ujarnya, Sabtu (23/3).

Agar pelaksanaan mudik nanti berjalan lancar, Widiyatmoko mengaku akan mengebut beberapa perbaikan, yang saat ini sedang dilakukan di sejumlah ruas tol.

BACA JUGA: Ada 63 Titik Rawan Bencana di Jabar saat Mudik Lebaran 2024

“Seperti di Tol Cipularang dan Padaleunyi, kita ketahui banyak sekali proses rekonstruksi atau perbaikan yang sedang kami lakukan, ini akan dipercepat paling tidak sampai H-10 (lebaran) bisa selsai dan sudah siap (digunakan pemudik),” katanya.

Selain perbaikan, Widiyatmoko menambahkan, agar tidak terjadinya kepadatan saat pucak mudik nanti, pihaknya juga akan melakukan beberapa rekayasa lalu lintas.

“Itu rencana di Tol Cipularang, kami akan lakukan contraflow. Kemudian kanalisasi kendaraan di Tol Pasteur karena jarak antara gerbang tol arah Jakarta dan simpang Baros sangat dekat. Jadi nanti kami akan prioritaskan (kendaraan dari arah Jakarta) bila terjadi kemacetan,” ucapnya.

Sementara untuk di Tol Padaleunyi, Ia menuturkan bahwa akan dilakukan sistem buka tutup jalan. “Ini akan kita lakukan buka tutup namun jika terjadi arus lalu lintas yang crowded nanti dari tim Jasa Marga akan menyiapkan contraflow dari kilometer 129 sampai 124,” pungkasnya. (San)

BACA JUGA: 199 Ruas Jalan di Jawa Barat Berpotensi Digunakan Pemudik Tahun ini

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan