Truk Pengangkut Sampah Alami Kecelakaan saat Menuju Sarimukti

JABAR EKSPRES  – Satu unit truk pengangkut sampah mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Raya Padalarang, Desa Kertajaya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (22/3/2024).

Truk muatan penuh sampah dengan plat nomor D 9925 Z ini terjungkal dan melintang di tengah Jalan Raya Pdalarang. Akibatnya, truk berisi sampah yang diangkut dari daerah Soreang, Kabupaten Bandung tumpah ruah menutup badan jalan di lajur Bandung – Cianjur.

Kecelakaan tunggal itu bermula saat truk bermuatan sampah dengan pelat nomor D 9925 Z melaju dari arah Bandung menuju TPA Sarimukti, Bandung Barat.

Setibanya di lokasi kejadian, truk sampah tersebut mengalami oleng, dan tak terkendali hingga akhirnya terguling menutup badan jalan.

“Tadi jam 14.30 WIB kejadiannya, sampah yang diangkut semuanya tumpah di tengah jalan,” ungkap Suherman (45), saksi mata di lokasi.

Namun, menurut Suherman, truk sampah sebelum terjungkal sempat menabrak sebuah minibus jenis Honda Mobil Lio (D1567 UAI) yang tengah terparkir di pinggir jalan. Usai menabrak minibus, truk tersebut terguling hingga bak muatan sampah copot.

“Jadi nabrak dulu mobil Honda Lio, lalu truk itu terjungkal,” katanya

“Alhamdulillah enggak ada korban. Hanya body mobil bagian belakang rusak dan sampah menutup jalan,” sambungnya.

Akibat dari kecelakaan tunggal itu, arus lalu lintas dari arah Bandung menuju Cianjur maupun sebaliknya sempat lumpuh. Arus lalu lintas hanya dapat melintas di satu lajur yakni di lajur Cianjur menuju Bandung.

Untuk mengurai kemacetan, polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas yakni buka tutup atau one way di lokasi kejadian.

Adi (30) sopir truk sampah mengaku dirinya sengaja membanting stir ke kiri lantaran ada kendaraan roda dua yang memotong jalur.

“Tadi saya menghindari motor yang tiba-tiba ambil jalur. Karena spontan saya banting stir mendadak dan terguling. Saya mikirnya dari pada ada korban,” kata Adi.

Seketika Adi langsung menghubungi UPT Kebersihan untuk segera menerjunkan bantuan. Rencananya sampah yang tumpah di tengah jalan akan di angkut kembali menggunakan truk yang sama untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan ke TPA Sarimukti.

Writer: Suwitno

Tinggalkan Balasan