Kabar Gembira! Rekrutmen Bersama BUMN 2024 Dibuka Tanggal 23 Maret 2024

JABAR EKSPRES – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) sekarang membuka pendaftaran untuk Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) yang akan dimulai pada tanggal 23 Maret 2024.

Menurut Deputi Bidang SDM, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bhatara, Rekrutmen Bersama BUMN diadakan beberapa kali selama 3 tahun terakhir dan telah mendapatkan tanggapan yang sangat positif.

“Kami melihat bahwa usaha-usaha BUMN terus berkembang, dan kami memerlukan tambahan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendukung program-program dan rencana-rencana kerja dari BUMN tersebut, sehingga kami memutuskan untuk melakukan rekrutmen bersama,” ujar Tedi dalam jumpa pers di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, pada hari Kamis.

Tedi juga menyatakan bahwa Kementerian BUMN terus meningkatkan standar dalam mencari para talenta baru. Untuk tahun ini, seleksi penerimaan akan mencakup tes wawasan kebangsaan dan kemampuan adaptasi belajar (learning agility) pada tahap awal.

“Talenta-talenta BUMN harus memiliki wawasan kebangsaan, jadi itu dilakukan di awal, wawasan kebangsaan, karakter. Ini merupakan implementasi dari core value AKHLAK,” ucap Tedi.

Baca juga: Rekrutmen Bersama BUMN 2024 Dibuka 23 Maret untuk 1.830 Posisi

Ketua Umum FHCI, Alexandra Askandar, menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan penyempurnaan dari tahap pendaftaran, seleksi, hingga pengumuman hasil akhir. Proses rekrutmen juga dilakukan secara transparan untuk menghindari kemungkinan kecurangan.

Sebanyak 110 BUMN berpartisipasi dalam Rekrutmen Bersama BUMN tahun ini, dengan menawarkan 688 lapangan pekerjaan di seluruh Indonesia dengan 1.830 posisi pekerjaan yang tersedia.

Tahun ini, kesempatan untuk bergabung dengan BUMN semakin terbuka dengan mencakup berbagai entitas dan jenjang pendidikan mulai dari SMA/sederajat, D3, S1 hingga S2, dengan batasan usia hingga 35 tahun.

“Dalam upaya mendorong inklusivitas dan kesetaraan, kami konsisten dalam memberikan peluang yang sama bagi individu dengan berbagai latar belakang pendidikan, baik itu SMA hingga S2, baik fresh graduate maupun yang sudah berpengalaman,” ungkap Alexandra.

RBB 2024 juga memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas, dengan FHCI menyelenggarakan mekanisme rekrutmen terpisah untuk memastikan mereka dapat mengikuti seleksi dengan nyaman.

Pendaftaran akan berlangsung selama 10 hari dan akan ditutup pada tanggal 1 April 2024.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan