Cara Melakukan Penukaran Uang Baru Secara Online di BI

JABAR EKSPRES – Bank Indonesia (BI) kembali membuka layanan penukaran uang baru melalui kas keliling menjelang lebaran tahun ini.

Penukaran uang baru ini tersedia di 4.264 titik mulai 15 Maret 2024 hingga 7 April 2024. Masyarakat dapat menukarkan paket uang baru melalui BI senilai maksimal Rp4 juta per orang, meningkat dari tahun lalu yang hanya Rp3,8 juta.

Pendaftaran penukaran uang baru melalui kas keliling dilakukan secara online melalui website PINTAR BI.

Deputi Gubernur BI Doni P Joewono mengungkapkan modernisasi armada kas keliling. Perihal ini, bank sentral memberikan tambahan fitur berupa penukaran secara digital dengan menggunakan QR code di aplikasi Pintar supaya mempermudah pelayanan terhadap masyarakat.

“BI juga menyediakan opsi layanan penukaran uang rupiah melalui layanan kas keliling di lokasi-lokasi strategis, seperti pasar tradisional dan modern, serta kas keliling susur sungai di beberapa wilayah,” melansir dari keterangan resmi, Jumat (15/3).

Bank Indonesia juga menyediakan layanan terpadu di Istora Senayan Jakarta serta di lokasi strategis lainnya seperti stadion dan alun-alun kota.

Baca juga: SELAMAT! Saldo DANA Gratis Rp1.000.000 Bisa Kamu Klaim dari Program NGABUBURICH

Selain itu, BI juga akan menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik yang akan dilaksanakan pada 2 April 2024-5 April 2024.

Layanan ini akan dibuka di rest area jalan tol dan pusat-pusat transportasi, seperti pelabuhan dan stasiun kereta api.

Masyarakat dapat melakukan penukaran uang baru melalui BI secara online dengan mengunjungi situs web PINTAR dan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Silakan akses website pintar.bi.go.id

2. Mengeklik menu ‘Penukaran uang rupiah melalui kas keliling’

3. Tentukan pronvisi Anda, contoh (Jawa Barat) kemudian klik ‘Lihat lokasi’

4. Terlihat daftar lokasi kota penukaran, lokasi, alamat, tanggal dan jam operasional. Berikutnya tentukan salah satu lokasi lalu klik opsi ‘Pilih’

5. Isi data diri dengan lengkap seperti NIK, KTP dan juga nomor hp serta email

6. Berikutnya pilih jumlah uang yang akan ditukar melalui kas keliling.

7. Silakan pesan dan Anda akan mendapatkan bukti pemesanan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan