Resmi Jadi WNI, Cyrus Margono Memanaskan Persaingan Kipper Timnas Indonesia

Jabar Ekspres – Cyrus Margono resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada Kamis, 21 Maret 2024, pengambilan sumpah WNI dilakukan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta.

Proses pengambilan sumpah dibuka dengan sambutan Kepala Kanwil DKI Jakarta Kemenkumham, Ibnu Chuldun. Pemain kelahiran 9 November 2001 dengan tinggi 190 cm ini kemudian mengucapkan sumpah setia sebagai WNI sambil mengikuti perkataan Ibnu.

“Demi Allah, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh, melepaskan, seluruh kesetiaan setia kepada kekuasaan hati, dengan ini tunduk dan setia kepada NKRI, Pancasila, dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan akan membelanya, dengan sungguh-sungguh serta akan menjalankan, kewajiban, yang dibebankan negara kepada saya sebagai warga negara Indonesia, dengan tulus dan ikhlas,” ujar dia mengikuti ucapan Ibnu.

BACA JUGA: Jadwal 16 Besar Swiss Open 2024 Hari Ini

Status Cyrus yang kini menjadi WNI menjadi kabar bagus buat Timnas Indonesia. Dengan begitu, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memiliki tambahan opsi di posisi kiper. Namun, walau sudah mendapat paspor Indonesia, hal itu tidak menjadi garansi Cyrus akan memperkuat Skuad Garuda. Sebab, persaingan di Timnas Indonesia akan sangat memanas.

Keinginan pemain berusia 22 tahun itu untuk membela timnas Indonesia sudah diutarakan sejak 2022. Berdasarkan Informasi yang didapat Cyrus tidak termasuk dalam kategori pemain naturalisasi. Prosesnya pun tidak perlu melalui Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), tetapi langsung ke Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham). Ia berstatus mengambil kewarganeraan Indonesia-nya yang sempat dilepas sebelumnya melalui jalur aturan baru Kemenkumhan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah nomor 21 tahun 2022 tentang Tata Cara Memperoleh, Kehilangan, Pembatalan, Dan Memperoleh Kembali Kewarganegaraan Republik Indonesia.

Cyrus Margono mendapatkan darah keturunan Indonesia dari sang ayah. Sementara itu, ibunya berasal dari Iran. Namun demikian, pemain ini lahir dan besar di Amerika Serikat. Darah keturunan Indonesia bisa membuatnya menjadi bagian timnas Indonesia.

BACA JUGA: Ruang Arsip RS Gatoel Kota Mojokerto Dilahap Habis Sijago merah

Situasi ini serupa dengan yang dialami bek timnas Indonesia keturunan Inggris, Elkan Baggott. Kala itu, Elkan memilih menjadi Warga Negara Indonesia saat usiannya di bawah 20 tahun dan sudah memegang Kartu Tanda Penduduk sejak November 2021.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan