Makin Canggih dan Aman, Android 15 Mampu Temukan Ponsel Hilang dalam Kondisi Mati

JABAR EKSPRES – Android telah meniru kemampuan Apple dalam keamanan perangkat hilang dengan fitur temukan perangkat, dan hingga sekarang fitur ini telah dikembangkan pada Android 15.

Menemukan smartphone Android yang hilang atau salah tempat bisa menjadi pengalaman frustrasi, terutama ketika perangkat dimatikan.

Baca juga : Qualcomm Resmi Rilis Chipset Snapdragon 8s Gen 3, Hanya Dipakai untuk Ponsel Flagship

Meskipun sistem Temukan Perangkat Saya dari Google memiliki kegunaan, namun masih memiliki keterbatasan, terutama ketika perangkat tidak terhubung.

Android 15 Kembangkan Fitur Temukan Ponsel dalam Kondisi Mati

Namun, dengan kehadiran Android 15, Google berupaya mengatasi keterbatasan tersebut dengan memperkenalkan Powered Off Finding API yang baru.

Fitur ini dirancang untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara menyimpan suara Bluetooth di dalam memori pengontrol Bluetooth, sehingga dapat membantu menemukan lokasi perangkat bahkan ketika dimatikan.

Meski demikian, ada kendala yang perlu diatasi, yaitu kebutuhan akan perangkat keras khusus agar perangkat dapat memberi daya pada pengontrol Bluetooth, sehingga fitur ini dapat berfungsi bahkan ketika ponsel benar-benar mati.

Oleh karena itu, mungkin diperlukan sedikit cadangan baterai agar fitur ini dapat beroperasi.

Fitu ini Sudah Bisa Dirasakan Google Pixel 8

Meskipun awalnya diperkirakan fitur ini akan debut pada Google Pixel 9, namun laporan terbaru menunjukkan bahwa Pixel 8 juga dapat memanfaatkannya saat diperbarui ke Android 15.

Namun, untuk mendukung fitur ini, diperlukan upaya rekayasa perangkat lunak yang signifikan dan pastikan pengguna telah memperbarui ke Android 15 serta memiliki sistem Temukan Perangkat Saya Google versi terbaru.

Sayangnya, fitur ini mungkin tidak tersedia untuk perangkat lama seperti seri Pixel Fold, Pixel 7, dan Pixel 6.

Baca juga : Xiaomi Civi 4 Pro Resmi Pakai HyperOS dan Chipset Snapdragon 8s Gen 3

Tidak jelas apakah ini disebabkan oleh ketidaktersediaan perangkat keras yang diperlukan atau keterbatasan berbasis perangkat lunak.

Namun, ada harapan bahwa fitur ini dapat diperluas ke perangkat lama tertentu di masa mendatang, terutama untuk model kelas atas terkini seperti Pixel Fold. Kita tunggu informasi selanjutnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan