Halving Bitcoin Kemungkinan Dapat Terjadi Lebih Cepat dari Dugaan!

JABAR EKSPRES – Halving Bitcoin sedang mendekati, dengan perkiraan tanggal sekitar 15 April, lebih awal dari perkiraan sebelumnya pada tanggal 28 April.

Halving adalah peristiwa di mana imbalan untuk menambahkan blok data baru ke dalam jaringan Bitcoin berkurang 50%. Fenomena ini juga terjadi menjelang halving Bitcoin empat tahun yang lalu.

Halving dianggap sebagai peristiwa penting yang bisa menjadi katalisator untuk kenaikan harga Bitcoin. Dalam hal ini, hadiah blok akan berkurang menjadi 3,125 BTC dari 6,25 BTC. Jika permintaan terus meningkat dan pasokan Bitcoin baru berkurang, maka nilai Bitcoin yang ada akan meningkat.

Namun, di pasar Bitcoin terjadi dinamika lain. Ketika harga Bitcoin naik, keuntungan dari menambang Bitcoin juga meningkat. Hal ini mendorong penambang untuk meningkatkan daya komputasi mereka, yang dikenal sebagai “hashrate”.

Baca juga: Awalnya Skepstis dengan Kripto, Kini Donal Trump Jual Brand Sepatunya Metode Pembayarannya Menggunakan  Bitcoin 

Lonjakan hashrate baru-baru ini telah mempercepat pembuatan blok baru, karena perusahaan penambang terus menghadirkan peralatan yang lebih baru dan kuat secara online. Mesin penambangan terbaru, seperti S21, memiliki tingkat hash yang lebih tinggi daripada versi sebelumnya, seperti S19. Beberapa perusahaan juga akan menginstal ulang peralatan lama mereka untuk memaksimalkan potensi hash saat halving mendekati.

Halving resmi terjadi setiap 210.000 blok, rata-rata setiap empat tahun karena blok baru ditambahkan ke jaringan setiap 10 menit. Meski ada penyesuaian sulit untuk menjaga keberlanjutan jaringan, saat pasar sedang naik, blok bisa ditambahkan lebih cepat.

Banyak perusahaan pertambangan juga memesan mesin penambangan baru untuk meningkatkan tingkat hash mereka. Meskipun ini bukan perubahan yang signifikan, tetapi orang-orang juga memilih untuk mengganti peralatan lama karena harganya yang mahal.

Tingkat hash global Bitcoin diyakini akan meningkat menjelang halving karena banyak orang memesan mesin penambangan baru. Hal ini menunjukkan bahwa halving Bitcoin bukan hanya peristiwa yang diantisipasi oleh para investor, tetapi juga perusahaan-perusahaan penambang yang mencari peluang untuk meningkatkan keuntungan mereka.

Baca juga: Robert Kiyosaki Prediksi Bitcoin Tembus $100.000 di Juni 2024

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan