Apa itu Equinox? Berikut Penjelasannya

JABAR EKSPRES – Pada hari Kamis 21 Maret 2024 wilayah Indonesia mengalami fenomena astronomi Equinox.

Lantas apa itu equinox? Saat Bumi melakukan perjalanan di sekitar matahari, ia melakukannya dengan sudut.

Sebagian besar tahun, sumbu Bumi miring ke arah atau menjauh dari matahari. Itu berarti kehangatan dan cahaya matahari jatuh tidak merata pada separuh utara dan selatan planet.

Selama equinox, sumbu Bumi dan orbitnya sejajar sehingga kedua belahan bumi mendapatkan jumlah sinar matahari yang sama.

Kata equinox berasal dari dua kata Latin yang berarti sama dan malam. Itu karena pada equinox, siang dan malam hampir berlangsung dengan waktu yang sama, meskipun salah satunya mungkin mendapatkan beberapa menit ekstra, tergantung di mana Anda berada di planet ini.

Musim semi Belahan Bumi Utara atau equinox vernal dapat terjadi antara tanggal 19 dan 21 Maret, tergantung pada tahunnya. Musim gugurnya atau equinox autumnal bisa terjadi antara tanggal 21 dan 24 September.

Baca juga: Raperda Sudah Disahkan, 4 BPR Jabar Bakal Segera Dimerger

Apa itu solstice?

Solstices menandai waktu selama tahun ketika Bumi berada pada kemiringan yang paling ekstrim ke arah atau menjauh dari matahari. Ini berarti kedua belahan bumi mendapatkan jumlah sinar matahari yang sangat berbeda – dan siang dan malam berada pada perbedaan yang paling ekstrim.

Selama solstice musim panas Belahan Bumi Utara, setengah bagian atas bumi miring ke arah matahari, menciptakan hari terpanjang dan malam terpendek dalam setahun. Solstice ini terjadi antara tanggal 20 dan 22 Juni.

Sementara itu, pada solstice musim dingin, Belahan Bumi Utara miring menjauh dari matahari – menyebabkan hari terpendek dan malam terpanjang dalam setahun. Solstice musim dingin terjadi antara tanggal 20 dan 23 Desember.

Apa perbedaan antara musim meteorologis dan musim astronomi?

Ini hanya dua cara berbeda untuk membagi tahun. Musim meteorologis didefinisikan oleh cuaca. Mereka memecah tahun menjadi musim-musim tiga bulan berdasarkan siklus suhu tahunan.

Menurut kalender itu, musim semi dimulai pada tanggal 1 Maret, musim panas pada tanggal 1 Juni, musim gugur pada tanggal 1 September, dan musim dingin pada tanggal 1 Desember.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan