Panas Menyengat saat Siang Hari di Kota Bandung, Apa ya Penyebabnya?

JABAR EKSPRES – Akhir-akhir ini, Bandung tengah dilanda kondisi terik di siang hari. Bahkan, lewat pengukuran temperatur cuaca, suhu Kota Bandung hari ini berada di angka 31 derajat.

Menurut Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bandung, Teguh Rahayu menuturkan, hal tersebut dikarenakan tutupan awan yang cenderung lebih sedikit dari biasanya. Hal itu yang menyebabkan penyinaran matahari berada di level maksimum.

“Hal ini dikarenakan tutupan awan yang sedikit sehingga penyinaran matahari maksimum,” ujar ayu sapaan akrabnya, Rabu (20/3)

Dirinya membenarkan terkait kondisi suhu maksimum Kota Bandung yang kini menyentuh angka 31 derajat. Hal tersebut diprediksi bakal terjadi hingga Jumat, 22 Maret 2024.

“Suhu maksimum di Bandung Raya pada tiga hari ke depan diantara 29-31 derajat celcius. Relatif terjadi siang hari pada pukul 12.00 WIB hingga 15.00 WIB,” paparnya

Disisi lain, soal malam hari yang lebih dingin dari pada biasanya, hal itu disebabkan oleh kondisi global maupun regional. Rahayu menyebut, kondisi angin untuk dua hari ke depan diprediksi cukup kencang antara 5 hingga 21 kilometer per jam.

Hal itu berkenaan dengan seluruh wilayah Bandung Raya yang telah memasuki musim hujan. Selain itu, pertanda lain yakni pertumbuhan awan cumulus telah bertumbuh menjadi awan konvektif atau cumulunimbus.

“Puncak musim hujan di wilayah Jawa Barat diperkirakan terjadi pada Januari hingga Maret 2024 ini sedangkan wilayah Bandung Raya diperkirakan akan terjadi pada Februari hingga Maret 2024,” pungkasnya

Tak lupa, pihaknya menghimbau agar masyarakat selalu waspada terkait segala resiko bencana hidrometeorologi yang disebabkan oleh cuaca ekstrem yang kini tengah terjadi. Warga diminta tak usah panik dan selalu membaca informasi resmi di laman BMKG. (Dam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan