Berdasarkan Hasil Rekap KPU Jabar, Komeng Kantongi Suara Tertinggi

JABAR EKSPRES  – Komedian Alfiansyah Komeng makin memantapkan diri bakal duduk di kursi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Jabar. Berdasarkan hasil akhir rekapitulasi KPU Provinsi Jabar, komedian papan atas itu berhasil memperoleh suara tertinggi.

Berdasar rapat pleno KPU Jabar yang tuntas Senin (18/03), Komeng berhasil mengantongi 5.399.699 suara. Perolehan suara itu jadi terbanyak. Yang lain makin ketinggalan.

Jarak perolehan suara calon DPD RI urutan kedua cukup jauh. Posisi itu diduduki A Anya Rina Casmayanti yang mendapat 1.976.561 suara.

Untuk urutan ketiga ditempati calon DPD yang merupakan artis dan model lawas Jihan Fahira. Ia berhasil mendulang 1.823.907 suara. Sementara di urutan ke empat ada Agita Nurfianti dengan perolehan 1.168.837 suara. Di Jabar sendiri, kuota kursi DPD yang diperebutkan adalah empat kursi.

BACA JUGA: Wow, Dalam Sekejap 10 Ton Beras di Gerakan Pangan Murah Ludes Terjual

Dengan perolehan suara yang cukup besar itu, Komeng turut menambah deretan artis dan publik figur yang duduk di senayan. Baik dari jalur DPD RI maupun DPR RI.

Bahkan perolehan suara Komeng selain yang terbanyak dibanding calon DPD lain juga mengalahkan perolehan suara pasangan presiden dan wakil presiden Ganjar – Mahfud di Jabar. Paslon nomor urut 03 itu hanya mengantongi 2.820.995 dari Jabar.

Salah satu yang membuat suara Komeng moncer adalah foto yang dipasangnya di suara DPD RI. Komeng sengaja memasang fotonya dengan gaya “nyleneh”. Dan nyatanya cukup berhasil memikat perhatian para pemilih.

Pelawak kelahiran 1970 itu saat mendaftar di Kantor KPU Jabar Mei 2023 lalu sempat mengungkapkan bahwa semangatnya masuk bursa DPD adalah untuk membawa satir kritik ke pemerintah. Menurutnya, seniman sering melontarkan satir-satir yang sebenarnya bisa memberikan masukan dan pesan pengawasan terhadap pemerintah. “Kami akan mewujudkan satir-satir tersebut,” katanya.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan