Sempat Melambung Tinggi, Harga Daging Sapi di Sukabumi Kini Turun hingga Puluhan Ribu

JABAR EKSPRES – Sejumlah harga bahan pokok penting (Bapokting) di Pasar Kota Sukabumi saat hari menjelang ramadan atau munggahan dan awal puasa cukup mengalami kenaikan atau melambung. Namun, dalam pantauan Jabar Eskpres pada Senin, 18 Maret 2024, Bapokting dari kategori daging sapi mengalami penurunan harga hingga puluhan ribu rupiah.

Hal tersebut ungkap oleh Devi (41 tahun) salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Gudang Blok A Kota Sukabumi. Dia mengaku bahwa saat ini harga jual daging sapi mengalami penurunan hingga puluhan ribu.

“Kemarin (awal ramadan/munggahan) harga jual daging sapi Rp150 ribu per kilogram. Sekarang saya jual Rp130 ribu sampai Rp125 ribu per kilogram,” ujar Devi pada Jabar Ekspres, Senin (18/3).

BACA JUGA: Harga Beras Naik Terus, Aliansi Mahasiswa Sukabumi Geruduk Kantor Wali Kota dan DPRD

Devi melanjutkan, naiknya harga saat momen awal puasa tersebut disebabkan karena permintaan pasar yang cukup tinggi, cost yang dikeluarkan dari hulu ke hilir hingga disajikan daging sapi tersebut.

“Faktor naik sih dari segi ongkos yang naik untuk bawa barang jadi imbas ke harga jual, jadi harga disesuaikan. Belum biaya tak terduga di jalan dari tempat beli hingga pemotongan disini,” terangnya.

Selain menungkap faktor harga daging yang naik, Devi juga membeberkan alasan saat ini harga jual yang berangsur turun. Menurutnya, hal tersebut juga seiring dengan konsumsi masyarakat yang mulai beralih.

BACA JUGA: Inflasi Harga Bahan Pokok, KAMMI Jabar: Kemiskinan di Jawa Barat Bisa Meningkat

Devi yang sudah berjualan daging sapi selama 12 tahun itu memperdiksikan, harga daging tersebut nantinya akan kembali mengalami kenaikan saat momentum menjelang hari raya Idul Fitri nanti.

“Kemungkinan harga naik nanti waktu menjelang Idul Fitri. Kalo kita pesen ke sana ngedadak harga pasti dimainkan. Tapi, ini harga tiap taun suka naik meskipun relatif rendah naiknya,” tuturnya.

Kendati harga daging sapi di momentum Idul Fitri diperkirakan akan naik, Devi sudah mewanti-wanti untuk memesan sapi terlebih dahulu sebelum harganya melambung tinggi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan