Momentum Ramadhan, Grey Art Gallery Hadirkan Pameran Seni Rupa Islami Bertajuk “Bulan Terbit”

BANDUNG – Bertepatan dengan bulan Ramadhan tahun ini, Grey Art Gallery yang berada di Jalan Braga No. 47, Kota Bandung, menghadirkan pameran seni rupa Islami bertajuk “Bulan Terbit.”

Pameran “Bulan Terbit” menampilkan 85 karya dari 75 seniman. Pameran ini juga berkolaborasi dengan Bormove dan Holy Zpace yang secara resmi dibuka pada tanggal 15 Maret 2024.

Pada kegiatan pembukaan pameran dihadiri oleh Ust. H. M. Nurkholiq Almansury selaku Ketua IKPM Gontor Cabang Bandung Raya, Dadan Mandani selaku Ketua LESBUMI Jawa Barat, Ust. Usman Agustin, S.Pd. mewakili KH. Zen Anwar Saeful Basyari, S.Pd.I. selaku Pimpinan Pondok Pesantren Al-Basyariyah Bandung.

Pameran ini akan berlangsung dari tanggal 15 Maret 2024 – 14 April 2024. Terbuka untuk umum dengan biaya masuk Rp20.000 untuk weekday dan Rp25.000 untuk weekend.

Pameran ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang apresiasi seni, tetapi juga dapat menjadi forum diskusi dan berbagi pemikiran yang memperkaya pemahaman akan seni rupa Islam sebagai jembatan untuk memahami budaya dan nilai-nilai Islam secara lebih mendalam.

Karya-karya yang dipamerkan pada “Bulan Terbit” mencerminkan keindahan, kearifan, dan kedalaman nilai-nilai Islam. Dari kaligrafi yang indah hingga karya-karya instalasi yang menghadirkan pengalaman spiritualitas.

Setiap karya seni yang dipamerkan menawarkan pandangan yang mendalam tentang keragaman seni rupa Islami.

“Kami berharap pameran ‘Bulan Terbit’ tidak hanya memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati keindahan seni rupa Islami tetapi juga untuk merangsang pemikiran dan diskusi yang membangun,” ujar Kurator, Wildan F. Akbar.

“Pameran ini diharapkan dapat menumbuhkan potensi besar seni rupa Islam sebagai jembatan antara budaya, nilai-nilai Islami dengan masyarakat luas,” lanjutnya.

Wildan menjelaskan, pameran ini berusaha menelaah perkembangan terkini wacana visual seni rupa Islami di Indonesia.

BACA JUGA: Sajiwa Foundation Gelar Rangkaian Kegiatan Amal dan Donasi Sepanjang Ramadhan

“Sasaran yang ditawarkan adalah gagasan visual dan diskursus yang berhubungan dengan perkembangan seni rupa Islami di Indonesia serta variabel pendukungnya,” jelasnya.

Lebih jauh Wildan mengatakan, Bulan Terbit Exhibition ini hadir bertepatan dengan bulan suci Ramadhan yang dirayakan oleh kaum Muslim dunia. Sehingga pameran seni rupa Islami ini merupakan bentuk apresiasi di tengah perbedaan latar belakang masyarakat yang beragam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan