Ramadhan Dari Hari ke Hari, TIGA, Tingkatkan Ilmu iringi Gerak Amal

JABAR EKSRPES – Amal akan kurang bernilai jika tanpa ilmu yang mengiringinya, bahkan Alloh SWT mengingatkan didalam Al Qur’an jangan beramal sekedar ikut-ikutan tanpa ilmu.

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِۦ عِلْمٌ ۚ إِنَّ ٱلسَّمْعَ وَٱلْبَصَرَ وَٱلْفُؤَادَ كُلُّ أُو۟لَٰٓئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْـُٔولًا

” Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.”
( Q.S. Al Isroo : 36 )

Karena itu sangat penting ilmu dalam setiap gerak amal yang dilakukan.

Ilmu juga yang membedakan derajat seseorang di hadapan Alloh daripada yang hanya beriman, sesuai dengan yang Alloh SWT firmankan,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

” Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Alloh akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Alloh akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Alloh Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”
( Q.S. Al Mujadalah : 11 )

Baca juga : Tips Menjaga dan Meluruskan Niat saat Menuntut Ilmu Agama

Bulan RAMADHAN adalah bulan yang sangat penting bagi setiap Muslim untuk dimanfaatkan sebagai sarana menambah ilmu, karenanya, salah satu sebutan untuk bulan RAMADHAN adalah Syahrut Tarbiyah atau Bulan Pembinaan.

Mengingat pentingnya ilmu, maka berbagai momen majelis-majelis ilmu di Bulan RAMADHAN harus dapat dimanfaatkan.
Atau jika tidak ada maka ciptakan atau adakan baik sifatnya pribadi maupun berjama’ah.

Sekurang-kurangnya yang harus dipahami adalah ilmu, bagaimana caranya bisa sukses menjalani Bulan RAMADHAN, dan kita harus paham apa sekurang-kurangnya yang harus dilakukan untuk mengisi Bulan RAMADHAN.

Baca juga : Kaji Ilmu Agama Islam Lebih Dalam

Untuk ini, silakan simak tulisan berjudul RUMUS TAKTIS SUKSES RAMADHAN yang bisa di KLIK DI LINK INI

Jangan sia-siakan Ramadhan dengan tidak mengisinya dengan Tingkatkan Ilmu iringi Gerak Amal yang kita lakukan.

Semoga bermanfaat.

“PROF.AKRONIM” Dadan AHMAD Sundayana, IPhMA.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan