Contoh Ceramah Kultum Tentang Menjaga Kesehatan di Bulan Suci Ramadhan

JABAR EKSPRES – Contoh ceramah Kuliah Tujuh Menit (Kultum) ini, bisa kalian gunakan saat untuk melakukan kajian atau tugas sekolah tentang Menjaga Kesehatan di Bulan Suci Ramdhan.

Biasanya pada bulan suci Ramadhan kita melakukan kajian seperti kuliah Shubuh atau kultum, dengan materi tentang Menjaga Kesehatan di Bulan Suci Ramadhan ini bisa kalian Share saat melakukan ceramah ke masyarakat sekitar atau teman teman.

Baca Juga: Jadwal Imsak dan Adzan Shubuh Bandung Jumat, 15 Maret 2024

Berikut Contoh Ceramah Kultum Tentang Menjaga Kesehatan di Bulan Suci Ramadhan:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Innalhamdalillah Nahmaduhu Wanastainuhu Wanastagfiruhu Wanauzubillahi Minsuururi Anfusina Waminsayyiati a’malina mayadillahu falaamudillalah wamayudilluhu falahadialah. Asyhadualla ilaaha illallah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu wa rosuuluh.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kepada Tuhan yang Maha Esa Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat yang banyak sehingga kita semua dapat berkumpul di acara ini.

Sholawat serta salam mari kita curahkan kepada junjungan kita semua, Nabi Muhammad Shallahu Alaihi Wassalam yang telah membawa kita semua dari zaman Jahilliah menuju zaman yang bisa seperti ini.

Pada bulan suci Ramadhan, tentu saja semua umat Islam menginginkan agar di bulan penuh rahmat dan keberkahan ini diisi dengan berbagai amal ibadah dan kegiatan positif. Namun, kita terkadang telupakan oleh masalah kesehatan yang perlu dijaga dan dirawat.

Ketika seseorang sakit, terbaring di atas kasur, di rumah sakit. Puasanya, shalat tarawih, qiyamullail, dan tadarus Al-Qur’annya juga akan terhambat.

Oleh karena itu, kesehatan memiliki urgensi besar dalam ibadah dan tidak boleh terabaikan untuk terus dijaga.

Sebagaimana dalam kaidah ushul fiqih dinyatakan:

مَا لَا يَتِمُّ الْوَاجِبُ إِلَّا بِهِ فَهُوَ الْوَاجِبُ

Artinya: “Suatu perkara yang tidak akan sempurna kewajiban kecuali dengannya maka dihukumi wajib”

Pada bulan suci Ramadhan, sudah seharusnya kita berusaha menjaga kestabilan tubuh dan kesehatan jasmani. Dalam artikel ini, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan agar jasmani kita tetap sehat.

Berikut Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Suci Ramadhan:

  1. Menjaga pola makan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan