Contoh Ceramah Kultum Tentang Menjaga Kesehatan di Bulan Suci Ramadhan

Mengatur dan menjaga pola makan sangat penting, khusus bagi orang yang berpuasa. Betapa tidak, seharian full dari Subuh hingga Maghrib perut  dalam keadaan kosong dari makanan dan minuman. Makanya, pada waktu sahur hendaknya memilih makanan dan minuman yang dapat menjaga kestabilan tubuh dari dehidrasi, seperti memperbanyak minum air putih, manis, dan sebagainya.

Selain itu, sama halnya di waktu berbuka, hendaknya makan dan minum yang kaya akan nutrisi. Menurut ilmu kedokteran, nutrisi menjadi penting untuk mengembalikan energi tubuh. Buah-buahan, sayur dan biji-bijian yang penuh dengan nutrisi akan membantu kita tetap stabil dan semangat dalam beraktivitas.

  1. Berolahraga

Meskipun sedang melaksanakan ibadah puasa, olahraga juga tetap penting bagi kesehatan tubuh. Ada banyak sekali manfaat olahraga yaitu, diantaranya dapat membantu meningkatkan mood, mengurangi stres, menjaga kebugaran tubuh, dan meningkatkan energi.

Ada beberapa macam olahraga yang bisa dilakukan pada saat bulan suci Ramadhan seperti senam, yoga, atau melakukan pekerjaan rumah.

  1. Istirahat yang cukup

Umat Islam tentu tidak ingin waktu di bulan Ramadan terbuang sia-sia. Semuanya ingin terisi dengan berbagai rangkaian ibadah. Tapi, bukan berarti tidak boleh mengambil waktu istirahat dan rehat sejenak. Ambillah waktu beristirahat. Jangan menekan diri kita di luar kemampuan yang bisa lakukan.

Sudah maklum, ketika Ramadan berusaha menghidupkan malamnya dengan bacaan Al-Qur’an, tahajud, dan dzikir. Bahkan kita rela untuk mengurangi porsi tidur bahkan tidak tidur sama sekali di malamnya hanya untuk meraih ganjaran besar dan pahala berlipat yang Allah sediakan.

Baca Juga: Jadwal Imsak dan Adzan Shubuh Jakarta Jumat, 15 Maret 2024

Sekian ceramah singkat yang dapat saya sampaikan, semoga materi yang saya sampaikan bisa bermanfaat, apabila ada kesalahan tutur kata yang disengaja maupun tidak sengaja kurang lebihnya mohon maaf.

Nuun Walqolami Wamayasturun Fastabiqul Khairat.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Itulah contoh ceramah kultum tentang Menjaga Kesehatan di Bulan Suci Ramadhan yang bisa kamu bawakan dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan