6 Jenis Olahraga Ringan yang Cocok Dilakukan saat Berpuasa!

JABAR EKSPRES – Saat menjalankan puasa selama bulan suci Ramadhan, penting untuk terus menjaga tubuh agar tetap bugar, salah satunya dengan memilih jenis olahraga yang tidak terlalu membebani tubuh dan tidak menyebabkan dehidrasi atau kelelahan yang berlebihan.

Sebelum berolahraga, penting untuk memastikan kondisi tubuh terlebih dahulu dan memilih jenis olahraga mana yang sesuai dengan tingkat kenyamanan dan kebugaran tubuh kamu saat menjalankan puasa Ramadhan.

Jika merasa lelah atau kelelahan, pastikan untuk beristirahat dan tidak memaksakan diri untuk berolahraga. 

Jenis Olahraga yang Cocok saat Puasa

Berikut ini beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan selama menjalankan puasa Ramadhan, antara lain:

  • Jogging Ringan

Salah satu jenis olahraga ringan adalah jogging, di mana olahraga ini bisa dilakukan dengan intensitas rendah tanpa menyebabkan dehidrasi yang berlebihan. Selain itu kamu bisa melakukannya di tempat yang sejuk. 

BACA JUGA: 14 Ide Kegiatan yang Bisa Dilakukan pada Saat Bulan Ramadhan!

  • Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga ringan yang cocok dilakukan saat berpuasa. Jenis olahraga ini dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan otot, dan relaksasi pikiran tanpa memerlukan banyak gerakan yang berat. Pilih gaya yoga yang ringan dan fokus pada pernapasan.

  • Bersepeda Statis

Bersepeda statis menggunakan sepeda statis atau alat latihan tidak terlalu membebani tubuh saat berpuasa dan dapat dilakukan dengan intensitas rendah untuk menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan sirkulasi darah.

BACA JUGA: 10 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi saat Puasa, Ketahui Beberapa Manfaatnya!

  • Pilates

Jenis olahraga ini merupakan latihan yang fokus pada kekuatan inti, fleksibilitas, dan postur tubuh. Latihan ini dapat dilakukan saat sedang berpuasa karena intensitasnya rendah dan tidak menyebabkan dehidrasi. 

Tai Chi merupakan seni bela diri yang menggabungkan gerakan lambat, meditasi, dan pernapasan yang dalam. Olahraga ini dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan keseimbangan, serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan tanpa mengeluarkan banyak tenaga.

  • Latihan Kekuatan Tubuh dengan Berat Badan

Latihan kekuatan tubuh menggunakan berat badan seperti push-up, sit-up, squats, dan plank dapat dilakukan dengan intensitas rendah dan tidak memerlukan peralatan tambahan. Jenis olahraga ini dapat membantu memperkuat otot-otot tubuh tanpa menyebabkan dehidrasi yang berlebihan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan